Sidak RSJ Sungai Bangkong, Gubernur Nilai Ruang Anak Berkebutuhan Khusus Masih Belum Layak

Gubernur juga sempat melihat dari dekat para penderita gangguan jiwa di ruang-ruang perawatan tersebut.

Sidak RSJ Sungai Bangkong, Gubernur Nilai Ruang Anak Berkebutuhan Khusus Masih Belum Layak
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ HAMDAN
Gubernur Kalbar Sutarmidji Saat berinteraksi dengan tenaga medis yang sedang memberikan perawatan pada anak berkebutuhan khusus saat meninjau layanan RSJ Sungai Bangkong, Rabu (19/6/2019)   

Laporan Wartawan tribun Pontianak, Hamdan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, TRIBUN - Gubernur Kalbar H Sutarmidji melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sungai Bangkong Pontianak, Rabu (19/6/2019). Dalam kesempatan ini gubernur meninjau semua ruangan inap, termasuk fasilitas layanan perawatan, ruang manajemen, ke ruang rawat jalan, bangunan rehabilitasi medik dan beberapa bangunan penunjang lainnya.

Gubernur juga sempat melihat dari dekat para penderita gangguan jiwa di ruang-ruang perawatan tersebut.

“Bangunan RSJ Sungai Bangong ini akan dikembalikan dalam bentuk yang lama. Mengenai rawat inap, nantinya akan kita maksimalkan layanan di RS Jiwa di Singkawang,” kata dia.

Namun demikian, dalam proses peninjauan tersebut terdapat saran dari para tenaga medis di RSJ Sungai bangkong bahwa layanan rawat inap khusus penderita gangguan jiwa dewasa akan difokuskan di RSJ Singkawang sementara untuk layanan rawat inap bagi anak yang berkubutuhan khusus tetap beroperasi di RSJ Sungai Bangkong.

“Nanti kita pertimbangkan. Tapi kita minta layanannya harus paripurna,” ujarnya.

Baca: Jadikan Rayap Ramah Lingkungan, Dosen Ini Diganjar Jadi Guru Besar Untan

Baca: Peserta STQ Mulai Lakukan Persiapan untuk Lomba STQ Nasional 2019

Baca: Kasus Tipikor Melawi dan Bengkayang, Kapolda Kalbar: Sudah Dalam Proses Penanganan di Ditreskrimsus

Dirinya juga menyoroti layanan bagi anak yang berkebutuhan khusus di RSJ Sungai Bangkong masih belum layak dan tidak memenuhi standar pelayanan.

“Untuk instalasi anak berkebutuhan khusus dari standar yang ada sekarang sepertiganya saja itu tak ada. Karena ape ruanganya terbatas. Harusnya kita hanya melayani item layanan saja tapi bisa maksimal,” ujarnya. “Itu mauknye saye. Karena penanganan penyakit-penyakit kejiwaan tidak gampang,” ujarnya.

Menurutnya lebih mudah menangani orang dengan penyakit jantung dan penyakit lainya dibandingkan memberikan pelayanan jiwa. Oleh karena itu diperlukan pelayanan ekstra, infrastruktur yang ekstra baik itu dari sisi sarana dan prasarana rumah sakit.

“Hal itu yang harus diperhatikan. Makanya saya bilang kalau ruang pelayanan kita terbatas lebih bagus kita rawat jalannya saja disini. Ini jangankan ngurus orang ini, bendera yak tuah koyak-koyak gitu kepalak dinas tak bise gantinye,” ujarnya.

Gubernur Kalbar, Sutarmidji meninjau langsung terhadap layanan RSJ Sungai Bangkong, Rabu (19/6/2019)
Gubernur Kalbar, Sutarmidji meninjau langsung terhadap layanan RSJ Sungai Bangkong, Rabu (19/6/2019) (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ HAMDAN)
Halaman
123
Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Didit Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved