Ketua DPRD Sintang Harap Ada Prioritas bagi Masyarakat Lokal Pada Seleksi CPNS 2019

Menurutnya, dalam hal persyaratan sampai kepada tahapan seleksi CPNS, masih ada beberapa hal yang perlu dievaluasi.

Ketua DPRD Sintang Harap Ada Prioritas bagi Masyarakat Lokal Pada Seleksi CPNS 2019
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ WAHIDIN
Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Jeffray Edward 

Ketua DPRD Sintang Harap Ada Prioritas bagi Masyarakat Lokal Pada Seleksi CPNS 2019

SINTANG - Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Jeffray Edward sudah mendengar mengenai rencana pemerintah pusat khususnya Kemenpan-RB terkait rencana dibukanya kembali pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2019.

Menurutnya, dalam hal persyaratan sampai kepada tahapan seleksi CPNS, masih ada beberapa hal yang perlu dievaluasi. Terutama terkait kebijakan pemerintah agar dapat mengutamakan putra daerah.

"Tentunya masyarakat daerah atau lokal pada kenyataannya saat tes tahun lalu dalam penerimaan masih banyak yang belum bisa lulus dan masih banyak diisi oleh orang-orang luar," katanya, Minggu (16/6/2019) siang.

Baca: Hairiah Ingin Kades Bisa Jabarkan Program dan Rencana Pembanggunan pada Masyarakat

Baca: TNI dan Warga Gotong Royong Siapkan Lokasi BBGRM ke XVI

Jeffray menegaskan bahwa tentunya diharapkan ada kekhususan atau poin plus bagi masyarakat daerah. Sebab dari segi kemampuan ataupun dari segi SDM, masyarakat daerah tidak bisa sama dengan daerah yang maju.

"Padahal dari segi kebutuhan tenaga, belum tentu orang dari kota mau bertugas di desa, yang kita tidak inginkan nanti akhirnya mereka ini kembali ke daerah asalnya dan bertugas dengan sebaik-baiknya di tempat dia lulus," katanya.

Oleh karena itu, Jeffray berharap ke depan hal ini menjadi evaluasi bersama bahwa setidaknya ada persentase bagi masyarakat setempat ataupun pelamar setempat supaya bisa diprioritaskan dalam tes CPNS tahun 2019.

"Kita berharap ada prioritas terhadap putra-putri daerah kita, namun tetap dengan syarat-syarat yang boleh disampaikan. Tetapi tidak terlalu memberatkan untuk mereka lulus di daerahnya masing-masing," terangnya.

Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved