Rutan Kelas II B Mempawah Segera Berganti Status Menjadi Lapas Minimum Security

Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Mempawah akan di usulkan berubah status menjadi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Minimum Security pada Agustus 2019

Rutan Kelas II B Mempawah Segera Berganti Status Menjadi Lapas Minimum Security
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/DHITA MUTIASARI
Kondisi sejumlah warga binaan saat berada di Rutan Mempawah, Jumat (13/5). 

Rutan Kelas II B Mempawah Segera Berganti Status Menjadi Lapas Minimum Security

MEMPAWAH - Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Mempawah akan di usulkan berubah status menjadi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Minimum Security pada bulan Agustus 2019 mendatang.

"Akan ada perubahan nanti yang mana Rutan Kelas II B Mempawah akan diusulkan menjadi Lapas Minimum Security Kelas II B Mempawah, dan itu sudah kita bicarakan dengan Kadivpas" ujar Karutan Kelas II B Mempawah, HM Hidayah kepada Tribun, belum lama ini.

Usulan perubahan status Rutan menjadi Lapas Minimun itu merupakan upaya Karutan untuk membina dan memfasilitasi warga binaan untuk berasimilasi dengan pihak lain.

Sebagai tambahan, Hidayah menjelaskan, perbedaan antara Rutan dan Lapas adalah, jika di Rutan itu sifatnya hanya sementara, ada narapidana yang sudah di dakwa dan belum didakwa, artinya, Rutan itu menahan mereka yang masih dalam proses persidangan.

Baca: Sekilas Tentang Rutan Kelas II B Mempawah, Berikut Alamat Lengkapnya

Baca: Rutan Kelas II B Mempawah MoU Ditjen Pemasyarakatan dengan Balitbang Diklat Kemenag RI

"Nanti dari kementrian kemungkinan juga akan melakukan penambahan gedung dan sarana lainnya sebagai bentuk dukungan perubahan status Rutan menjadi Lapas Minimum," ujarnya.

Hidayah berharap, pihak terkait dan pemerintah setempat mau bekerjasama dalam mewujudkan perubahan status Rutan Mempawah menjadi Lapas Minimum Security.

"Kami juga mengimbau kepada pihak terkait, dan pemerintah daerah, agar dapat membantu program perubahan Rutan ini menjadi Lapas Minimum dengan program asimilasi agar mewujudkan Lapas industri," pintanya.

Dalam kesempatan yang sama, Kadivpas Kanwil Kemenkumham Kalbar, Suprobowati mengatakan, ia sangat mendukung dan sedang berupaya mengusulkan perubahan status Rutan Kelas II B Mempawah.

Baca: Proses Perekaman e-KTP Bagi WBP di Rutan Kelas II B Mempawah

Baca: Rekam dan Cetak e-KTP Bagi WBP, Karutan Kelas II B Mempawah Sebut Sudah Ada MoU

"Rencana perubahan status itu sudah kita bicarakan dengan Karutan, dan saya tentu mendukung penuh wacana itu, saat ini kita sedang berupaya mewujudkannya," timpalnya.

Terpisah, Eko Supriyatna (43) satu diantara warga binaan yang menghuni Rutan Kelas II B Mempawah menyambut baik wacana perubahan status Rutan menjadi Lapas Minimum tersebut.

Eko menilai, dengan adanya perubahan status tersebut tentunya akan berdampak baik bagi seluruh warga binaan.

"Jika memang akan di usulkan perubahan status dari Rutan menjadi Lapas kita disini tentu mendukung dan menyambut baik wacana tersebut, dengan begitu akan ada peningkatan disini, dan saya harap itu berdampak baik bagi kami," pungkasnya. (Yak)

Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved