Lebaran 2019

SEDANG BERLANGSUNG Sidang Isbat 1 Syawal 2019, Tentukan Lebaran Idul Fitri Senin (3/6) Jam 17.00 WIB

Sidang isbat adalah sidang penetapan dalil syar'i di hadapan hakim dalam suatu majelis untuk menetapkan suatu kebenaran atau peristiwa yang terjadi.

Warta Kota/Henry Lopulalan
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (tengah) bersama Anggota DPR Komisi VIII Ali Taher dan Ketua MUI Abdullah Jaidimenyampaikan hasil Sidang Isbat penentuan awal Ramadan 1440 Hijriah di Kementerian Agama, Jakarta, Minggu (5/5/2019). 

SEDANG BERLANGSUNG Sidang Isbat 1 Syawal 2019, Tentukan Lebaran Idul Fitri Senin (3/6) Jam 17.00 WIB

LEBARAN - Sidang isbat adalah sidang penetapan dalil syar'i di hadapan hakim dalam suatu majelis untuk menetapkan suatu kebenaran atau peristiwa yang terjadi.

Sidang isbat juga bisa dilakukan dengan kedatangan sang penuntut yang meminta haknya atau mencegah terjadinya penolakan terhadap hak tersebut.

Jika tuntutannya dipenuhi oleh hakim sesuai dengan ketetapan syar'i, maka hakim mencegah penolakan terhadap haknya dan mengabulkan tuntutannya.

Dalam kondisi ini, seorang penuntut diwajibkan memberikan bukti tuntutannya, sementara tergugat harus mengucapkan sumpah jika ingin menolak tuntutan.

Baca: Hukum Sholat Id dan Keutamaannya, Amalan, 4 Sunah yang Dilakukan Sebelum Salat Id! Diakhiri Takbir

Baca: Niat Sholat Idul Fitri! 8 Tata Cara Sholat, Waktu, Dalil hingga Hukum Sholat Id, Sayang Ditinggal

Namun di Indonesia secara populer sidang isbat sering dikaitkan dengan penetapan datangnya bulan Ramadhan, Idul Fitri dan Idul Adha, selain juga isbat nikah.

Kali ini Sidang Isbat yang segera digelar adalah penetapan datangnya Idul Fitri.

Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat untuk menentukan 1 Syawal 1440 H atau Idul Fitri, Senin (3/6/2019) sore ini.

Sidang Isbat dipimpin langsung Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin.

"Iya hari ini, sore," kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag, Agus Salim, di Jakarta, Senin (3/6/2019).

Halaman
12
Penulis: Marlen Sitinjak
Editor: Marlen Sitinjak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved