Peringati Harkitnas ke-111, Dandim 1205/Sintang Pesan Bangun Semangat Persatuan dan Gotong-royong

Dandim menambahkan peringatan hari kebangkitan nasional kali ini juga dilangsungkan dalam suasana bulan Ramadhan .

Peringati Harkitnas ke-111, Dandim 1205/Sintang Pesan Bangun Semangat Persatuan dan Gotong-royong
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/WAHIDIN
Komandan Kodim 1205 Sintang, Letkol Inf Rachmat Basuki menjadi Inspektur Upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ke-111 Tahun 2019 di Lapangan Sepakbola Makodim 1205 Sintang, Senin (20/5/2019) pagi. 

Peringati Harkitnas ke-111, Dandim 1205/Sintang Pesan Bangun Semangat Persatuan dan Gotong-royong

SINTANG - Komandan Kodim 1205 Sintang, Letkol Inf Rachmat Basuki menjadi Inspektur Upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ke-111 Tahun 2019 di Lapangan Sepakbola Makodim 1205 Sintang, Senin (20/5/2019) pagi.

Dandim 1205/STG membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menekankan bahwa sebagai bangsa yang besar, Indonesia telah mampu terus menghidupi semangat persatuannya selama berabad-abad.

“Kuncinya ada pada kekuatan gotong-royong. Karena semangat persatuan dan gotong-royong telah mengakar dan menyebar di seluruh Nusantara," ujar Dandim dalam amanat.

Hal ini dibuktikan dengan berbagai ungkapan tentang kearifan mengutamakan persatuan yang terdapat di seluruh suku, adat, dan budaya yang ada di Indonesia.

Baca: VIDEO: Bupati Jarot Tatap Muka dengan Dewan Guru dan Komite SDN 26 Sintang

Baca: Peringati Harkitnas ke-111, Bupati Jarot Ajak Masyarakat Sintang Kembali Bangkit dan Bersatu

“Semua daerah menganjurkan kita semua untuk bekerja secara gotong-royong. Kearifan nenek-moyang kita tentang gotong royong yang telah dipupuk selama berabad-abad, sampai saat ini pun akan senantiasa relevan," pesannya.

Dandim menambahkan peringatan hari kebangkitan nasional kali ini juga dilangsungkan dalam suasana bulan Ramadhan .

Bagi umat muslim, bulan suci ini menuntun kita untuk mengejar pahala dengan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang dibenci Allah SWT seperti permusuhan dan kebencian, apalagi penyebaran kebohongan dan fitnah.

Hingga pada akhirnya, pada ujung bulan Ramadhan nanti, kita bisa seperti Mahapatih Gadjah Mada. Mengakhiri puasa dengan hati dan lingkungan yang bersih berkat hubungan yang kembali fitri dengan saudara-saudara di sekitar kita.

Baca: Dandim 1205/Sintang Pimpin Upacara Harkitnas ke-111 di Kabupaten Sintang

Baca: Pupuk Tali Silaturahim Umat Islam Sintang Lewat Ifthor Jamai dan Silaturahmi Ramadan

“Dengan semua harapan tersebut, kiranya sangat relevan apabila peringatan hari kebangkitan nasional, disematkan tema bangkit untuk bersatu. Kita bangkit untuk kembali menjalin persatuan dan kesatuan dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia," katanya.

"Saya mengajak agar kita semua sebagai sesama anak bangsa secara sadar memaknai peringatan kali ini dengan memperbarui semangat gotong-royong dan kolaborasi, sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa kita menuju kejayaan di pentas global,” terang Letkol Inf Rachmat Basuki.

Penulis: Wahidin
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved