Silaturahmi Nasional & Workshop Apdesi, Sutarmidji Dorong Kades Tingkatkan Status Jadi Desa Mandiri

Sutarmidji meminta kepada para Kepala Desa (Kades) se Kalbar agar agar dapat meningkatkan status desa menjadi desa mandiri

Silaturahmi Nasional & Workshop Apdesi, Sutarmidji Dorong Kades Tingkatkan Status Jadi Desa Mandiri
TRIBUNPONTIANAK/Hamdan
Workshop Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia Bersama Pusat Kajian Tata Kelola Keuangan dan Pembangunan Pemerintahan Desa Se Kalbar di Hotel Aston. Jumat (10/5/2019) 

Silaturahmi Nasional & Workshop Apdesi, Sutarmidji Dorong Kades Tingkatkan Status Jadi Desa Mandiri

PONTIANAK - Gubernur Kalbar Sutarmidji meminta kepada para Kepala Desa (Kades) se Kalbar agar agar dapat meningkatkan status desa menjadi desa mandiri karena saat ini di Provinsi Kalbar hanya ada 1 desa mandiri di Kabupaten Kayong Utara.

"Kami targetkan dalam kurun waktu 5 tahun kedepan, akan tercipta 10-20 persen desa mandiri di Kalbar," ujarnya saat Silaturahmi Nasional dan Workshop Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia Bersama Pusat Kajian Tata Kelola Keuangan dan Pembangunan Pemerintahan Desa Se Kalbar di Hotel Aston, Jumat (10/5/2019).

Baca: Data Situng KPU 99,99%, Hasil Pilpres 2019 di Bali! Jokowi Sapu Bersih Kemenangan 9 Kabupaten & Kota

Baca: Tim Dokter Forensik Muhammadiyah Cari Sebab Wafatnya 500 KPPS, Jubir BPN Dahnil Singgung Pemerintah

Baca: JADWAL Liga 1 2019 hingga Akhir Musim, Pekan 1 Persib Vs Persipura! Persib Vs Persija 10 Juli 2019

Menurutnya dalam upaya mewujudkan Desa Mandiri, Pemprov Kalbar telah membangun sinergi dengan TNI-Polri dan Pemkab se Kalbar untuk dapat mewujudkan Desa Mandiri di Kalbar.

Ada 52 indikator desa mandiri yang harus dipenuhi oleh sebuah desa untuk menjadi desa mandiri. Untuk mencapai 52 indikator dalam mewujudkan desa mandiri, seperti yang dilakukan oleh Pemkab di Kalbar menggunakan dana desanya untuk program prioritas di tingkat desa, guna mewujudkan desa mandiri.

"Untuk mencapai target akan diperkuat dengan peraturan gubernur. Ke depan sinergi antara pemerintah provinsi, kabupaten dan desa akan diperkuat," ujarnya.
 

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved