Pemilu 2019

KPU Siapkan Logistik Untuk Nyoblos Ulang di 16 TPS

Ramdan mengungkapkan jika pihaknya mempersiapkan logistik untuk pemungutan suara ulang (PSU) dan pemungutan suara lanjutan

KPU Siapkan Logistik Untuk Nyoblos Ulang di 16 TPS
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIDHO PANJI PRADANA
Ketua KPU Kalbar, Ramdan 

KPU Siapkan Logistik Untuk Nyoblos Ulang di 16 TPS

PONTIANAK - Ketua KPU Kalbar, Ramdan mengungkapkan jika pihaknya mempersiapkan logistik untuk pemungutan suara ulang (PSU) dan pemungutan suara lanjutan (PSL) di 16 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di wilayah Kalbar pada 25 April mendatang.

"Hasil pleno malam hingga subuh tadi, bersama Bawaslu, kami sepakat ada 16 TPS. Sebanyak sembilan TPS melakukan pemungutan suara ulang dan tujuh TPS pemungutan suara lanjutan," katanya, Sabtu (20/04/2019).

KPU Kalbar, kata dia, sudah melakukan pembaruan data terhadap TPS-TPS yang berpotensi melakukan PSU ulang dan pemungutan suara susulan, dan hasil tersebut kemudian dibahas bersama Bawaslu.

Untuk diketahui, TPS tersebut berada di Kabupaten Bengkayang, Sanggau, Sintang, Melawi, Ketapang, dan Landak.

Baca: Pemulangan PKL Bukan Warga Pontianak, Ketua Umum FUKMI Kalbar: Tak Bijak

Baca: Sikapi Situasi Pasca Pilpres, MABM Kalbar Imbau Masyarakat Bijak Gunakan Sosial Media

Baca: Update Hasil Pilpres 2019 Terbaru KPU pemilu2019.kpu.go.id, Prabowo Ungguli Jokowi di Jabar & Sulsel

"Proses pemungutan suara yang dianggap tidak sesuai prosedur. Misalnya, ada 11 orang yang mencoblos di salah satu TPS menggunakan KTP ternyata bukan asal Kalbar. Kemudian ada pula TPS yang kekurangan surat suara, sehingga direkomendasikan pemungutan suara lanjutan, tapi khusus untuk surat suara tertentu. Seperti ada TPS ternyata tidak surat suara untuk DPD RI. ada kasus ketua kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) mewakili pemilih untuk mencoblos karena alasan pemilih yang bersangkutan sakit. Maka di TPS tersebut juga dilakukan pemungutan suara ulang untuk semua jenis surat suara," paparnya.

Pemilih di TPS dimaksud, yakni TPS 01 di Semarantau, Kecamatan Kalis, Kabupaten Kapuas Hulu, akan diundang kembali untuk mengikuti pencoblosan pada 25 April mendatang.

"Staf sekretariat KPU Kalbar berangkat ke Jakarta untuk menyampaikan hasil pleno dan sekaligus mengajukan permintaan penambahan logistik pemilu untuk tanggal 25 April," tukasnya.

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved