Pemilu 2019

Martono: KPU Sambas Upayakan Tingkatkan Partisipasi Pemilih Perempuan

Martono mengatakan akan berupaya meningkatkan partisipasi pemilih perempuan di Kabupaten Sambas.

Martono: KPU Sambas Upayakan Tingkatkan Partisipasi Pemilih Perempuan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/M WAWAN GUNAWAN
Komisioner KPU Kabupaten Sambas Marton 

Martono: KPU Sambas Upayakan Tingkatkan Partisipasi Pemilih Perempuan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sambas, Martono mengatakan akan berupaya meningkatkan partisipasi pemilih perempuan di Kabupaten Sambas.

Ia menjelaskan, sebelumnya di Pemilihan Gubernur Kalimantan Barat, angka persentase pemilih perempuan lebih tinggi dari pemilih laki-laki di Sambas.

"Pada Pemilihan Gubernur kemarin, dari total 201.432 DPT Perempuan, yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 151.376 ini sekitar 75,15 persen," ujarnya, Jum'at (29/3/2019).

Baca: Bongkar Isi Lemari Nagita Slavina, Shireen dan Zaskia Sungkar Sampai Terkejut: Ya Allah!

Baca: Jadwal Sholat Untuk Kecamatan Sungai Ambawang 29 Maret 2019

Baca: Syarif Abdullah Pantau Kondisi Infrastruktur Kayong Utara

"Jika dibanding dengan pemilih laki-laki dari 208.007 DPT, sebanyak 142.157 yang menggunakan hak suara mereka, yang jika dipersentasekan itu hanya sekitar 68,34 persen," sambung Martono.

Lebih lanjut ia mengatakan, meski persentasenya cukup tinggi. Namun demikian belum tentu itu bisa berulang di Pilpres dan pemilih serentak 2019 ini.

Untuk itu ia mengenaskan perlu kembali di sosialisasikan agar persentasenya meningkat, atau minimal tidak turun. Dengan tetap tidak mengesampingkan peningkatan partisipasi pemilih laki-laki.

"Persentase pemilih perempuan yang tinggi pada saat pilgub bukan sebuah jaminan bahwa angka yang sama atau lebih akan bisa dicapai, Pemilu 2019 in. Untuk itu kita tetap berupaya meningkatkan partisipasi pemilih perempuan, dan sudah dimulai dari awal dan berupaya lebih baik lagi agar kuantitas pemilih perempuan bisa semakin meningkat, demikian pula pemilih laki-laki," tegasnya.

Sebagaimana diketahui, untuk Pemilu 2019 inj jumlah DPT Kabupaten Sambas mengalami penambahan menjadi 429.311 orang.

Yang kemudian terbagi menjadi 217.630 pemilih laki-laki dan 211.701 pemilih perempuan.

"Penambahan angka pemilih pada pemilu 2019 membuat kita mesti bekerja dan melayani masyarakat lebih giat lagi, karenanya KPU Kabupaten Sambas berupaya untuk terus meningkatkan partisipasi pemilih, hingga bisa memenuhi 77,5 persen target nasional," tutupnya.

Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved