Kadisdikbud Sintang Launching Program Belajar Bersama di Museum

Museum Kapuas Raya Sintang merupakan satu dari 111 museum Provinsi dan Kabupaten/Kota serta 20 Taman Budaya se-Indonesia

Kadisdikbud Sintang Launching Program Belajar Bersama di Museum
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Wahidin
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang Lindra Azmar melakukan Launching Program "Belajar Bersama di Museum" yang dihadiri oleh 80 kepala sekolah mulai dari jenjang sekolah TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK dan MA di Ruang Pendidikan Museum Kapuas Raya, Jalan Sintang-Putusibau KM 14, Senin (11/3/2019) siang. 

Kadisdikbud Sintang Launching Program Belajar Bersama di Museum

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG- Museum Kapuas Raya Sintang merupakan satu dari 111 museum Provinsi dan Kabupaten/Kota serta 20 Taman Budaya se-Indonesia yang mendapatkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan Museum dan Taman Budaya Daerah.

Untuk mendapat dana DAK Non Fisik tersebut, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu harus menyelesaikan Dokumen Pokok Pokok Kebudayaan Daerah (PPKD) yang dalam hal ini Kabupaten Sintang telah menyelesaikan tepat waktu pada tanggal 20 Agustus 2018.

Dokumen PPKD diselesaikan pada aplikasi dan diserahkan langsung fisik hardcopynya pada tanggal 29 Agustus 2018 langsung kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud-RI).

Baca: Pemilihan OSIS SMA Negeri 9 Pontianak dikemas Layaknya Pemilu yang Sebenarnya

Baca: Streaming RCTI Super 11 Rising Star Indonesia Sedang Berlangsung, Super Fans Dukung Jagoan Kamu

Baca: Densus 88 Amankan Terduga Teroris di Kalbar, Kerabat dan Kepala Desa Ungkap Sosok SS Sebenarnya

Selanjutnya, DAK yang disebut dana BOP MTB tersebut adalah dana yang dialokasikan untuk membantu peningkatan kualitas pengelolaan museum dan taman budaya agar memenuhi standar pelayanan teknis sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

DAK tersebut juga untuk mendorong standar Pelayanan Museum dan Taman Budaya sebagai sebagai media edukasi bagi masyarakat, kemudian memperkokoh jati diri bangsa, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat lokal.

Bicara tentang media edukasi, Museum Kapuas Raya Sintang kemudian menggunakan DAK Museum sebanyak 45 persen sesuai petunjuk teknis (Juknis) yang telah diatur Kemendikbud guna memperkuat program publik lewat program unggulan "Belajar Bersama di Museum".

Oleh karena itu, hari ini telah dilaunching Program "Belajar Bersama di Museum" yang dihadiri oleh 80 kepala sekolah mulai dari jenjang sekolah TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK dan MA di Ruang Pendidikan Museum Kapuas Raya, Jalan Sintang-Putusibau KM 14, Senin (11/3/2019) siang.

Launching langsung dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kabupaten Sintang, Drs Lindra Azmar, M.Si didampingi Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang oleh Dra Siti Musrikah, M.Si.

Penulis: Wahidin
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved