Penyakit Tidak Menular Biasa Diderita Sejak Usia 15-59 Tahun, Ini Imbauan Diskes Kubu Raya

Mulai saat ini diimbau bagi masyarakat untuk bisa menjaga pola makan dan pola hidup secara sehat

Penyakit Tidak Menular Biasa Diderita Sejak Usia 15-59 Tahun, Ini Imbauan Diskes Kubu Raya

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Kepala Seksi (Kasi) Penyakit tidak Menular Dinkes Kubu Raya, Ari Prasetyo mengatakan penyakit tidak menular merupakan penyakit yang perlu di waspadai.

Karena menurutnya sebagai pembunuh nomor satu bagi masyarakat yang menderita, karena pola hidup dan pola fikir dan prilaku yang tidak sehat. 

"Mulai saat ini diimbau bagi masyarakat untuk bisa menjaga pola makan dan pola hidup secara sehat," ujarnya, Minggu (10/3/2019)

Menurutnya, PTM sendiri bisa dialami mulai dari usia 15 tahun hingga usia 59 tahun. Hal lain yang bisa dilakukan untuk mencegah atau mengantisipasi terjadinya PTM menurutnya seperti dengan melakukan cek kesehatan secara berkala minimal dalam satu tahun cek sekali. 

"Masyarakat kita sudah di permudah dengan pos kesehatan di setiap desa untuk melakukan skrening dan melakukan pemeriksaan, baik tinggi badan dan lain sebagainya," tuturnya.

Baca: Penyakit Tak Menular Rentan Berakibat Kematian, Mahyudin Minta Warga Lakukan Pemeriksaan

Baca: Wijaya: Pencegahan Karhutla untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Dia menambahkan, pihaknya terus-enerus untuk melakukan sosialisasi dengan  metode promosi, baik yang disampaikan secara langsung maupun tidak langsung. 

"Pendekatan pelatihan kader di seluruh Kecamatan di Kabupaten Kubu Raya. Harapan kami, agar terhindar dari peyakit tersebut. Siapa saja yang menderita penyakit tidak menular, pasti produktivitas kerjanya tidak sampai titik optimal. Artinya tidak produktif di bandingkan dengan keadaan sehat," katanya.

Sementara itu untuk penyakit menular, diakuinya bisa dilakukan antisipasi, terutama mengetahui sumber penyakit yang jelas. 

"Kalau penyakit tak menular ini, kita kembalikan kepada individu, karena tidak memiliki prilaku cerdik. Tapi kalau kita sering melakukan cek kesehatan secara teratur serta dengan pola hidup sehat, akan terhindar dari penyakit tersebut," ungkapnya.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved