TRIBUN WIKI

Sunrise dan Sunset Indah di Bendungan Merowi Sanggau

Terdapat keanekaragaman ikan endemik, hamparan bunga teratai, dan gugusan pulau-pulau kecil yang akan memanjakan mata.

Sunrise dan Sunset Indah di Bendungan Merowi Sanggau
ISTIMEWA/ERAWATI
Bendungan Merowi, Desa Semayang, Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau. 

Sunrise dan Sunset Indah di Bendungan Merowi Sanggau

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAUBendungan merowi merupakan satu-satunya bendungan (waduk) yang terletak di desa Semayang, Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau Provinsi Kalimantan Barat.

Bendungan ini dibangun menggunakan dana APBD Kabupaten Sanggau, dan satu-satunya bendungan (waduk) di Kabupaten Sanggau.

Proyek pembangunan bendungan ini, bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan perkebunan masyarakat, yang berada di wilayah aliran Sungai Merowi.

Baca: Didirikan Sejak 1982, Bendungan Merowi di Sanggau Hanya Berfungsi 3 Bulan Saja

Baca: Habiskan Dana Besar, Dewan Desak Fungsikan Bendungan Merowi

Mahasiswi Universitas Panca Bhakti, Erawati, menilai bahwa Bendungan Merowi sangat luas.

Dia menyayangkan seiring berjalannya waktu, pemerintah dan masyarakat sekitar seolah-olah lepas tangan terhadap pemeliharaan dan perawatan bendungan ini.

Hal ini menyebabkan beberapa jalur irigasi terputus atau rusak, bahkan ada beberapa bagian dari bangunan yang telah usang di makan waktu.

Namun dibalik itu semua, banyak kekayaan alam yang tersembunyi di balik minimnya perawatan bendungan ini.

Kekayaan alam yang bisa kita nikmati ketika berkunjung ke bendungan ikonik warga Merowi ini, adalah keanekaragaman ikan endemik, hamparan bunga teratai, dan gugusan pulau-pulau kecil yang akan memanjakan mata.

Panorama alam yang indah ini akan sangat komplit bila berkunjung di pagi atau sore hari, untuk sekadar menikmati sunset dan sunrise.

Namun potensi pariwisata yang sangat besar ini, belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh warga dan kurangnya perhatian yang serius dari pemerintah.

Buruknya akses masuk lokasi, kurangnya sarana dan prasarana pendukung semakin  memperburuk minat warga untuk berkunjung.

Erawati berharag warga sekitar dan pemerintah saling bersinergi dalam mengembangan potensi wisata berbasis ecotourism. (*)
      

Penulis: David Nurfianto (DAP)
Editor: Dian Lestari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved