Terkait Isu Memanfaatkan DD untuk Perpustakaan Desa, Ini Bantahan Kadis DPMPD Kapuas Hulu

Kami sampaikan PP ini ke desa dan ini bukan pemaksaan, tapi seyogyanya PP ini harus dipatuhi.

Terkait Isu Memanfaatkan DD untuk Perpustakaan Desa, Ini Bantahan Kadis DPMPD Kapuas Hulu
TRIBUPONTIANAK.CO.ID/SAHIRUL HAKIM
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kapuas Hulu Alifiansyah. 

Terkait Isu Memanfaatkan DD untuk Perpustakaan Desa, Ini Bantahan Kadis DPMPD Kapuas Hulu

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kapuas Hulu, Alifiansyah membantah kalau ada isu pihaknya telah memanfaatkan desa di Kapuas Hulu, untuk menganggarkan perpustakaan desa sebesar Rp30 juta dengan menggunakan Dana Desa (DD) setiap tahunnya. 

"Pengadaan perpustakaan desa tersebut, merupakan Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 2016 tentang perpustakaan desa. Bukan berarti kami yang keluarkan, namun itu PP Nomor 43 tahun 2016," ujar Alifiansyah, Selasa (5/2/2019).

Baca: Silaturahmi Imlek, Rombongan Pemkab Disuguhkan Atraksi Barongsai

Baca: 360 Siswa Al Fityan School Kubu Raya Ikuti Mukhayam Tarbawi V 2019 di Sungai Raya Kepulauan

Menurutnya, adanya PP nomor 43 tentang perpustakaan desa ini, artinya desa tidak dipersalahkan lagi untuk mengadakan buku melalui perpustakaan desa, karena sudah ada payung hukumnya.

"Kami sampaikan PP ini ke desa dan ini bukan pemaksaan, tapi seyogyanya PP ini harus dipatuhi. Karena DD itu juga uang dari Pemerintah Pusat untuk membelanjakan sesuatu yang sudah diatur oleh pemerintah pusat," jelasnya. 

Untuk pengadaan buku di desa tersebut, harus membelinya dipihak ketiga, pihaknya tidak menyentuh ke ranah tersebut. Namun pihaknya hanya memfasilitasi cara untuk memesan buku tersebut. 

"Kita tidak pernah memaksa desa untuk membeli buku tersebut. Namun dari pihak ketiga juga sudah turun ke desa-desa menawarkan buku kepada pihak desa. Dan buku yang ditawarkan pihak ketiga tersebut berdasarkan ekatalog," ungkapnya.

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved