Dua Strategi Khusus SMK-SMTI Pontianak Sambut Era Revolusi Industri 4.0

Revolusi Industri 4.menjadi aspek yang cukup fokus diperhatikan SMK-SMTI Pontianak.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISHAK
Kepala SMK - SMTI Pontianak, Sih Parmawati, saat berikan sambutan dalam wisuda ke 48 SMK-SMTI Pontianak, di Hotel Aston Pontianak, Selasa (23/10/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ishak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Revolusi Industri 4.menjadi aspek yang cukup fokus diperhatikan SMK-SMTI Pontianak. Dua strategi secara khusus pun disiapkan untuk implementasi revolusi industri 4.0 ini.

Hal ini Kepala SMK - SMTI Pontianak, Sih Parmawati, saat berikan sambutan dalam agenda Wisuda ke 48 SMK-SMTI Pontianak, di Hotel Aston Pontianak, Selasa (23/10/2018).

Dua hal tersebut, menurutnya, yakni penerapan aplikasi Smartschool dalam proses belajar mengajar di sekolah yang terintegrasi dengan internet, dan proses pembelajaran dual system.

Baca: Luluskan Lebih dari 5 Ribu Orang, SMK-SMTI Pontianak Siapkan 5 Startegi Jitu Jadi Kian Kompetitif

Aplikasi Smartschool, katanya, adalah aplikasi yang dikembangkan untuk menghadirkan data real-time proses pendidikan di sekolah lewat penerapan digital. Data semua tersimpan di pusat data yang kemudian dikelola menjadi informasi penting.

Data ini, katanya, sangat terbuka untuk diakses oleh pihak orangtua siswa. Sehingga orangtua bisa memantau secara real-time perkembangan anaknya di sekolah, mulai dari kehadiran, nilai ujian, dan lain sebagainya.

"Ini sangat penting untuk zaman now. Dengan adanya smartschool ini, orangtua bisa memantau perkembangan siswa lewat internet," jelas Sih Parmawati.

Adapun pembelajaran dual system, yakni proses belajar di dua tempat. Rinciannya, 50 persen di dunia industri dalam bentuk praktek lapangan, dan 50 persen di sekolah.

Proses pendidikan dual system sendiri menurutnya mulai jadi pilot projek pada 2008 lalu. Dengan skema pembelajaran 2,5 tahun di sekolah, dan 6 bulan di industri.

"Dari hasil evaluasi, perusahaan menyambut baik dual System. Sehingga di 2019, akan lebih ditingkatkan.  Kami akan melaksanakan MoU dengan perusahaan untuk penerapan dual system ini," pungkasnya. 

Penulis: Ishak
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved