Kahmi Kubu Raya Gelar Pelatihan Kewirausahaan

Puluhan kader KAHMI memadati ruang pertemuan Rumah Makan Abdul Khalik Jl. Trans Kalimantan, kubu raya.

Kahmi Kubu Raya Gelar Pelatihan Kewirausahaan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / Adelbertus Cahyono
Pelantikan Pengurus Kahmi Kota Pontianak dan Forhati Kota Pontianak dan Silaturahmi Kahmi & HMI se-Kalimantan Barat di gedung PCC, Pontianak, Kamis (12/10/2017) malam. 

Citizen Reporter
Saidina Ali
Peserta Pelatihan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Puluhan kader KAHMI memadati ruang pertemuan Rumah Makan Abdul Khalik Jl. Trans Kalimantan, kubu raya.

Puluhan peserta pelatihan kewirausahaan ini antusias mengikuti pelatihan yang diisi langsung oleh kepala dinas koperasi usaha mikro perdagangan dan perindustrian (DKUMPP) Kabupaten Kubu Raya, Norasari Arani. Jumat (5/10/2018) kemarin.

Mubassir selaku ketua panitia mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melakukan inventarisir pengusaha mikro di lingkup keluarga besar KAHMI Kubu Raya.

Baca: KWT Baras Baru Landak Bangga Dipercaya Kembangkan Mocaf di Mentoyek

Selanjutnya melakukan pendampingan usaha mikro yang tertib administrasi sesuai peraturan pemerintah kabupaten kubu raya.

"Kegiatan ini mengundang peserta penggiat usaha mikro dan koperasi dari keluarga besar KAHMI dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)" jelas mubassir.

Baca: PMII Kalbar Berhasil Kumpulkan Donasi Rp125 Juta Untuk Korban Bencana Palu-Donggala

"Kami menargetkan akan lahirnya pengusaha-pengusaha mikro baru, dan pembinaan berkala usaha mikro yg sudah banyak berjalan," Tambah bassir.

"Kami merencanakan setelah terbentuk pengusaha KAHMI yg paham mekanisme administrasi. Kedepan KAHMI kubu raya juga akan melakukan pembinaan dan pendampingan usaha mikro di desa-desa terpencil potensial yg ada di kubu raya" tambahnya.

Saidina Ali, salah satu peserta pelatihan berharap kedepan KAHMI dapat bekerja sama dengan berbagai lembaga terkait, khususnya pemerintah kabupaten kubu raya dalam pendampingan usaha-usaha kader KAHMI yang sudah berjalan.

"Kami berharap pelatihan ada tindak lanjutnya berupa pendampaingan sampai usaha benar-benar berjalan dengan stabil" papar Ali.

"Saat ini sudah ada beberapa kegiatan usaha yg berjalan yg dilakukan oleh anggota kahmi kubu raya, seperti usaha kuliner yang didalamnya ada warkop, rumah makan, dan ketering halal food.

Dibidang jasa ada percetakan, bimbingan belajar, loundry, dan jasa angkutan.

Dibidang peternakan ada peternakan ayam kampung. Kedepan usaha-usaha inilah yg kemudian terus dikembangkan dan ditularkan kepada masyarakat diakar rumput" tambah rasiam, ketua MD KAHMI Kubu Raya.

Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved