Breaking News:

Kontes Durian Kalbar

Kamu Penikmat Durian? Inilah 5 Kriteria Durian Berkualitas Menurut Pakarnya

Adapun menurut Karim kriteria yang pertama adalah dari warna buah, yang kedua itu jumlah daging, ketiga daya tahan buah

Editor: Dhita Mutiasari
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Durian 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Nur Imam Satria

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Seorang Pakar buah durian asal Indonesia Karim Aristides, memberikan 5 kriteria buah durian yang memiliki kualitas baik untuk dikembangkan serta dibudidayakan, agar bisa memiliki nilai jual yang tinggi.

Karim sapaan akrabnya saat datang ke kantor Tribun Pontianak Selasa (24/7/2018), menjelaskan pengalaman hidupnya yang sejak 2004 telah melakukan perjalanan untuk merasakan serta meneliti buah durian yang ada di seluruh Indonesia, bahkan hingga ke negara penghasil buah durian di luar Negeri seperti Malaysia, Thailand, dan lainnya.

Kunjungan dari Ketua APINDO kota Pontianak, beserta pemerhati durian saat datang ke kantor tribun Pontianak kemarin, Selasa (24/7).
Kunjungan dari Ketua APINDO kota Pontianak, beserta pemerhati durian saat datang ke kantor tribun Pontianak kemarin, Selasa (24/7). (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/IMAM NUR SATRIA)

Baca: APINDO Paparkan Dua Hal, Kembangkan dan Jaga Durian Sebagai Aset Daerah Maupun Negara

Baca: Yuk Ikut Kontes Durian Unggul Asli Kalbar di Balai Karangan, Catat Tanggalnya.

Adapun menurut Karim kriteria yang pertama adalah dari warna buah, yang kedua itu jumlah daging, ketiga daya tahan buah, keempat produktivitas buah, dan yang terakhir kemampuan buah untuk tidak berubah warna.

"Kalau untuk saya pribadi itu ada 5 kriteria untuk melihat jenis durian yang baik, yang pertama itu dari warna buah, kedua porsi daging didalam satu buah durian, yang ketiga daya tahan buah yang bagus itu bisa bertahan hingga 4-5 hari, keempat itu produktivitas yang dihasilkan pohon durian tersebut kalau cuma satu pohon 10 buah ya rugi mending ga usah tanam jenis itu, dan yang terakhir kemampuan buah untuk tidak berubah warna, ini biasa terjadi jika musim panen tahun ini buahnya berwarna kuning selanjutnya nanti berubah menjadi agak pucat, itu juga belum menjadi kualitas durian yang baik untuk kita kembangkan," tutur Karim.

Baca: Lebih Murah! Pembeli dari Luar Kota hingga Jakarta Mampir untuk Merasakan Durian di Siantan

Baca: Makan Rambutan dan Durian Saat Kemarau Bikin Batuk dan Sakit Perut? Berikut Ulasannya

5 kriteria tersebut menurut Karim menjadi dasar untuk memilih jenis buah durian yang berkualitas sangat tinggi. Dan di Indonesia sudah memiliki jenis-jenis durian seperti itu.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved