Profile

Veronica Heni : Bahasa Asing Itu Penting

Adapun metode yang dia gunakan dalam mengajar, Vero mengaku mempersiapkan berbagai alat bantu untuk memudahkannya mengajar

Veronica Heni : Bahasa Asing Itu Penting
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Veronica Heni salah satu tenaga pendidik di Kalimantan Barat yang fokus pada pendidikan Bahasa Inggris 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak M Wawan Gunawan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID.PONTIANAK -  Salah satu staf pengajar Bahasa Inggris di Lembaga kursus pelatihan Science Society Pontianak, Veronica Heni mengatakan penguasaan bahasa asing (Inggris) adalah sesuatu yang penting, Minggu (1/07/2018).

"Alasannya kita belajar bahasa Inggris itu harus, karena tuntutan dijaman now (sekarang) bahasa inggris itu Wajib banget," ujarnya.

Baca: Dua Unit Rumah di Jalan Tanjung Raya 1 Ludes Terbakar

Baca: Pengin Bikin Bubur Pisang Kacang Hijau, Ini Caranya 

Baca: Indahnya Wisata Riam Rantau Kalis, Penasaran Lokasinya?

Vero menjelaskan, ditambah lagi dengan Indonesia yang saat ini memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Oleh karenanya sudah seharusnya agar tidak ketinggalan dari bangsa lain, masyarakat kita dan pemuda harus sudah menguasai bahasa asing terutama Inggris.

"Hal inilah yang membuat saya tertarik sebagai pendidik bahasa inggris, supaya saya sebagai anak bangsa yang menyatakan siap untuk globalisasi dan mengajak muda-mudi lain juga gak ketinggalan apalagi MEA sudah di ambang mata," sambung Vero.

Namun demikian, Vero menjelaskan bukan berarti para pemuda nantinya mengesampingkan budaya dan bahasa sendiri.

"Bukan berarti belajar bahasa asing ini mengesampingkan budaya dan bahasa kita ya, Tapi kita harus bisa juga menyaring apa yang baik dan tidak untuk diri kita," Jelasnya.

Sementara itu saat ditanyakan mengenai apa yang menyebabkannya tertarik kepada dunia pendidikan, Khusus nya bidang bahasa inggris? Vero mengatakan bahwa dalam setiap sendi kehidupan pasti memiliki masalah masing-masing.

Begitu juga dengan pendidikan yang ada di negeri ini, oleh karenanya Vero menjelaskan jikalau memeratakan pendidikan adalah tugas bersama sebagai anak bangsa.

"Dalam kehidupan pasti ada suatu masalah kehidupan yang harus di hadapi, iyakan? Begitu juga dengan masalah pendidikan di negeri ini. Pendidikan yang masih belum merata di seluruh pelosok ini menjadi tugas kita bersama untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara yang berintelektual dan berdaya saing," Pungkas runer up Duta Genre Kalimantan Barat 2014 itu.

Oleh karenanya vero menilai pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan bukan hanya memerlukan campur tangan pemerintah, tapi juga tanggung jawab bersama untuk mengambil andil didalamnya.

Adapun metode yang dia gunakan dalam mengajar, Vero mengaku mempersiapkan berbagai alat bantu untuk memudahkannya mengajar dan memudahkan peserta didik untuk mengerti.

Salah satunya adalah textbook, yang merupakan salah satu media untuk membantunya mengajar. Dan itu menurut Vero cukup efektif untuk meningkatkan pemahaman peserta didik secara cepat.

"Biasanya saya saya selalu mempersiapkan bahan ajar sebelum mengajar entah itu dari textbook dan didukungi oleh authentic material ataupun melalu games, atau metode pembelajaran berbasis Contextual Teaching and learning dan Training Motivation," pungkasnya. 

Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved