Opini

Khasiat Buah Kurma Bisa Mengatasi Sakit Maag saat Puasa

Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan kepada orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

Khasiat Buah Kurma Bisa Mengatasi Sakit Maag saat Puasa
Live Love Fruit
KURMA 

Atika Suri
Mahasiswa Kimia Untan Angkatan 2016

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ramadhan kembali tiba, umat islam beramai-ramai menyambut bulan suci ramadhan sebagai bulan penuh berkah dan keagungan,dimana pada bulan tersebut seluruh umat muslim diwajibkan untuk berpuasa. Hal tersebut sesuai dengan yang tercantum dalam QS Al- Baqoroh : 183,”..

Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan kepada orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Puasa bagi orang islam adalah menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Baca: Cukup Konsumsi 3 Kurma Setiap Hari, Kamu Akan Rasakan Manfaat Luar Biasa

Pada saat menjalankan puasa sistem metabolisme tubuh dapat menurun karena tidak adanya asupan makanan yang menjadi sumber energi bagi tubuh, sehingga bagi sebagian orang yang memiliki penyakit maag akan merasakan sakit atau perih pada bagian ulu hati atau bagian lambung yang disebabkan oleh tingginya produksi HCl (asam lambung) (Putri,dkk.2010).

Mahasiswa Kimia Untan Angkatan 2016, Atika Suri.
Mahasiswa Kimia Untan Angkatan 2016, Atika Suri. (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA)

Menurut Huzaifah (2017) gastritis atau yang lebih dikenal dengan penyakit maag merupakan suatu peradangan atau pendarahan pada mukosa lambung yang disebabkan oleh faktor iritasi, infeksi, dan ketidakteraturan dalam pola makan, misalnya telat makan, makan terlalu banyak, makan cepat, makan makanan yang terlalu banyak bumbu dan pedas. Penderita penyakit maag dapat terjadi pada berbagai rentang umur.

Di Indonesia prevalensi penyakit maag sebanyak 0,99% dan insiden penyakit maag sebesar 115/100.000 penduduk. Jika anda menderita penyakit maag harus segera diobati jangan sampai disepelekan karena jika sudah parah, penyakit yang satu ini bisa menyebabkan kematian.

Saat ini hal yang sering dilakukan oleh para penderita maag ketika mengalami sakit maag ialah mengkonsumsi obat-obatan seperti antasida yang sesungguhnya obat tersebut hanya menghilangkan gejala gangguan lambung yang timbul.

Selain itu penggunaan obat tersebut perlu diperhatikan karena dapat menimbulkan beberapa efek samping untuk orang yang memiliki alergi terhadap penggunaan obat, seperti gangguan absorpsi atau sekresi obat lain. Antasida dapat menghambat absorpsi obat-obat seperti: tetrasiklin, digoksin, fenitoin, isoniazid dan obat-obat yang bersifat asam. Sebenarya masih ada cara lain yang lebih alami dan lebih sehat untuk mengobati sakit maag yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang berserat.

Makanan tinggi serat akan lebih mudah dicerna sehingga tidak membebani sistem pencernaan, contohnya ialah buah kurma. Buah kurma salah satu buah yang memang identik ketika datangnya bulan puasa. Mengkonsumsi buah kurma ketika berbuka puasa sangat dianjurkan sebab dapat memenuhi nutrisi yang diperlukan tubuh secara alami.

Halaman
12
Penulis: Syahroni
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved