Wah, Ternyata Taksi Online di Kalbar Masih Ilegal

Amin menambahkan sebelumnya pernah ada satu koperasi mengajukan perizinan taksi online. Koperasi itu berpusat di Jakarta.

Wah, Ternyata Taksi Online di Kalbar Masih Ilegal
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ RIZKY PRABOWO RAHINO
Kepala Seksi Angkutan Jalan Dishub Kalbar, Amin Ro'yat (dua dari kiri) memberikan keterangan kepada awak media di Kantor Dishub Provinsi Kalbar, Jalan Adi Sucipto, Kabupaten Kubu Raya, Senin (29/1/2018) siang. (Pra). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalimantan Barat memastikan tidak ada satupun taksi online yang memiliki perizinan operasional.

Kepala Seksi Angkutan Jalan Dishub Kalbar, Amin Ro'yat menegaskan operasional taksi-taksi online yang ada di Kalimantan Barat masuk dalam kategori ilegal.

Baca: Gerai Baru, Seperti Ini Suasana Cotton Bread Cake Specialist di Jalan M Sohor

"Belum ada yang legal, semua ilegal. Karena belum ada izin, maka tidak boleh beroperasional," ungkapnya saat diwawancarai awak media di Kantor Dishub Provinsi Kalbar, Jalan Adi Sucipto, Kabupaten Kubu Raya, Senin (29/1/2018) siang.

Baca: Wali Kota Tekankan Pentingnya Sarana Pendukung Olahraga

Amin menambahkan sebelumnya pernah ada satu koperasi mengajukan perizinan taksi online. Koperasi itu berpusat di Jakarta.

Namun, hingga kini masih tidak ada tindak lanjut dari koperasi itu.

"Kemarin persetujuan prinsip. Belum izin, jadi baru disetujui menyelenggarakan izin usaha taksi online. Saat itu masih mengacu Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 26 Tahun 2017. Saat ini sudah akan direvisi dengan Permenhub Nomor 108 yang akan berlaku efektif per 1 Februari," jelasnya.

Dishub masih tunggu pelaksanaan Permenhub anyar itu, sebelum menerbitkan perizinan operasional. Ia menegaskan persyaratan perizinan taksi online, kurang lebih seperti angkutan sewa umum.

Halaman
12
Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved