Citizen Reporter

PIA AG Lanud HAD Test IVA Secara Dini

Dengan adanya pemeriksaan ini khususnya bagi Ibu-ibu PIA lanud HAD supaya mengetahui secara dini apakah ada gejala atau tidak

PIA AG Lanud HAD Test IVA Secara Dini
ISTIMEWA
Tes Inspeksi Visual Asetat (IVA) di Puskesmas Sanggau Ledo, Senin (20/11/2017) pagi 

Citizen Reporter 
Kapen Lanud Harry Hadisoemantri (HAD), Letda Sus Semadi 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, BENGKAYANG - Kanker serviks atau mulut rahim masih merupakan masalah kesehatan perempuan di Indonesia sehubungan dengan angka kejadian dan angka kematian akibat kanker serviks yang masih tergolong tinggi.

Faktor resiko terjadinya lesi prakanker serviks melalui deteksi dini dengan metode Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA).

Maka, Ketua PIA AG Cab. 18/D. I Lanud HAD Ny. Widiya Erick Rofiq Nurdin beserta pengurus, ibu-ibu PKK, para guru dari Kacamatan Sanggau Ledo serta warga sekitar lanud HAD, turut menyukseskan "Indonesia Jaya 2017" melaksanakan tes Inspeksi Visual Asetat (IVA) di Puskesmas Sanggau Ledo, Senin (20/11/2017) pagi. 

Dalam hal ini, Ketua PIA AG Cab. 18/D. I Lanud HAD Ny. Widiya Erick Rofiq Nurdin mengatakan sampai saat ini kanker serviks masalah kesehatan perempuan. 

(Baca: Tertangkap Tangan Curi Kelapa, Warga Polisikan 4 Orang Ini dan Bakar Sepeda Motornya )

"Dengan adanya pemeriksaan ini khususnya bagi Ibu-ibu PIA lanud HAD supaya mengetahui secara dini apakah ada gejala atau tidak," ujarnya. 

Jika terdapat gejala bisa dilakukan pemeriksaan kepada dokter atau bidan agar penanganan atau pengobatan secara baik dan benar.

Sementara itu, Bidan Pukesmas Sanggau Ledo Esti Winarsih, test IVA ini untuk mengetahui secara dini adanya lesi prakanker serviks dan pemberian terapi apabila ada kelainan dalam rahim.

"Sehingga mendapatkan penanganan dengan cepat, tepat dan sebaiknya pemeriksaan setiap1 tahun sekali," jelasnya. 

Penulis: Wahidin
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved