Citizen Reporter

Pembangunan Desa Berbasi Genre

Seperti pelestarian kebudayaan, pendidikan, keagamaan, kesehatan, pembangunan perekonomian bangsa Indonesia.

Pembangunan Desa Berbasi Genre
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Foto bersama, Forum Genre Laskar Sambas beserta kader pusat informasi konseling mahasiswa el farrabi dengan pemuda karang taruna dan kelompok pik-r tunas karya Desa Tambatan, Kecamatan Teluk Keramat, Sabtu (8/5/2017). 

Citizen Report
Asmadi
Ketua Forum Generasi Berencana Sambas

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Pembangun desa berbasis GENRE merupakan motto yang tepat untuk menjawab tantangan pembangunan khususnya di kabupaten sambas, karena remaja dan Pemuda merupakan tonggak dan sekaligus generasi penerus pergerakan pejuang bangsa.

Dengan tenaga, waktu yang sangat leluasa remaja sehingga, pemuda lebih memiliki kesempatan untuk belajar berkarya dan berkreasi dimasa mudanya, peran remaja sangat berpengaruh penting untuk menjaga stabilitas pembangunan negara indonesia khususnya dalam pertahanan NKRI dan dalam bidang apa saja.

Seperti pelestarian kebudayaan, pendidikan, keagamaan, kesehatan, pembangunan perekonomian bangsa Indonesia.

Generasi muda di Kabupaten Sambas sudah saatnya bangkit dan maju untuk berkarya dimasa mudanya, dengan peran aktif remaja dan pemuda sudah tentunya harus dipersiapkan dari sekarang untuk mencapai bonus Demografi untuk kabupaten Sambas.

Untuk mencapai hal ini remaja dan pemudanya harus berkualitas, penuh dengan cita-cita tebebas dari narkoba, free sex dan tidak menikah d usia anak pastinya.

Beberapa waktu lalu, Sabtu (8/5/2017). Forum Genre Laskar Sambas beserta kader pusat informasi konseling mahasiswa el farrabi dengan pemuda karang taruna dan kelompok pik-r tunas karya Desa Tambatan dilaksanakan.

Ketua Forum Generasi Berencana Sambas, Asmadi mengatakan bahwa kegiatannya tersebut mendapat dukungan dari aparatur pemerintahan Desa Tambatan untuk mewujudkan generasi yang berkualitas.

"Dengan harapan kedepan tidak ada lagi pengangguran di usia produktif remaja untuk berkarya, dukungan seperti ini seharusanya dapat berlakukan untuk semua desa yang ada di kabupaten sambas," ujarnya, Senin (8/5/2017).

Lanjutnya, dalam rangka kinerja forum genre laskar sambas dan penguatan kapasitas kelompok pik-r yang ada di kabupaten Sambas khususnya program pembinaan kelompok pusat informasi konseling remaja.

"program ini bertujuan agar remaja yang sudah menjadi pelopor penggerak dalam bidang KIE (komunikasi informasi dan edukasi) dalam mengkampanyekan tentang substansi genre dari remaja oleh remaja dan untuk remaja mampu mengajak teman sebayak-sebanyak mungkin untuk bersatu dalam mewujudkan sambas siap tolak sex bebas, tolak nikah usia dini dan terhindar dari narkoba," katanya.

Menurutnya, dengan menjadi remaja idaman berkualitas adalah impian sebuah orang tua dan bangsa indonesia maka dari itu keberadaan kelompok remaja haruslah selalu ada pendampingan pembangunan remajanya melalui kelompok pik-r (pusat informasi konseling remaja).

"dengan melewati lima tahapan remaja yaitu melanjutkan pendidikan, mendapatkan pekerjaan, merencanakan dan berkeluarga, menjadi bagian masyarakat, dan menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat," ujarnya.

Tambahnya, pemerintah daerah sudah seharusnya memberikan perhatian dan dukungan penuh untuk aktivitas Genre Sambas karena bukan hanya forumnya yang bermoto hebat kader-kader yang dilahirkan juga sangat berkualitas, penuh persatuan untuk membangun Sambas.

Penulis: Raymond Karsuwadi
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved