Breaking News:

SMKN 2 Singkawang Gelar Ujian Sekolah Sistem Komputer

Ujian yang selama ini kita laksanakan dengan sistem konvensional menggunakan kertas menyedot banyak sumberdaya dan tenaga serta lama.

SMKN 2 Singkawang Gelar Ujian Sekolah Sistem Komputer
Ilustrasi
Ilustrasi

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridho Panji Pradana

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Dalam rangka meningkatkan kualitas Ujian, Kepala SMKN 02 Singkawang, Aprizal menuturkan SMKN 2 Singkawang melaksanakan Ujian Sekolah dengan sistem komputer mulai Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017.

Pelaksanaan Ujian Sekolah Berbasis Komputer dijadwalkan sejak hari jumat (10/03/2017) s.d (17/03/2017) dengan empat sesi setiap harinya dan ruangan yang digunakan sebanyak lima lab dengan total peserta sebanyak 314 siswa.

Kepala SMKN 02 Singkawang, Aprizal mengatakan penerapan Sistem ujian sekolah berbasis komputer merupakan komitmen sekolahnya untuk meningkatkan mutu pendidikan.

"Salah satu aspek pendidikan adalah evaluasi pembelajaran yang dikenal dengan ujian, ujian yang selama ini kita laksanakan dengan sistem konvensional menggunakan kertas menyedot banyak sumberdaya dan tenaga serta lama, kita telah melakukan evaluasi sehingga kita rubah sistem ujian dengan sistem komputer, banyak keuntungan yang kita dapatkan dengan ujian berbasis komputer ini," katanya.

Aprizal mengatakan, adapun keuntungan tersebur ialah meningkatkan mutu Ujian dalam hal kecepatan hasil ujian karena nilai ujian peserta bisa langsung diketahui setelah selesai Ujian, kemudian meningkatkan kualitas ujian dalam hal mengurangi kecurangan, komputer akan secara otomatis mengacak nomor soal ujian sehingga peserta ujian mendapatkan urutan soal yang berbeda beda dan terakhir meningkatkan kualitas penggunaan teknologi siswa terutama penggunaan komputer atau gadget untuk hal hal positif. komputer atau gadget tidak hanya digunakan untuk bermain tapi juga dapat digunakan belajar dan ujian

"Dalam hal efisiensi, banyak sekali yang dapat dihemat mulai dari penggandaan soal, pengoreksian, pengawasan, waktu pelaksanaan, tenaga dan tempat," tuturnya.

Ia mengatakan, pelaksanaan ujian sekolah berbasis komputer ini merupakan kegiatan perdana dan baru dilaksanakan semester genap untuk kelas 12.

"Mudah-mudahan dapat berjalan lancar sampai tanggal 17 Maret 2017, kami juga membuka diri bagi sekolah-sekolah lain yang ingin belajar mengaplikasikan sistem ujian berbasis komputer disekolahnya, silahkan datang ke SMKN 2 Singkawang, tim kami akan berbagi ilmu dengan rekan rekan sekalian, karena sebagai sekolah rujukan nasional sekolah kami diharapkan dapat membantu sekolah yang lain dalam berbagai hal salah satunya dalam hal pelaksanaan ujian berbasis komputer," ujarnya.

Menurut Aprizal, Ia berencana untuk kedepannya setiap ujian dan ulangan harian dapat dilaksanakan dengan sistem komputer untuk semua tingkat dari kelas 10 s.d kelas 12.

"SMKN 2 Singkawang merupakan sekolah yang pertama kali melaksanakan Ujian sekolah berbasis komputer di Kota Singkawang, hal ini juga merupakan bukti komitmen sekolah sebagai sekolah Sekolah Rujukan Nasional yang ada di Kalimantan Barat untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan," pungkasnya. (*)

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved