Citizen Reporter

Danrindam Tatar 30 Babinsa

"Dan dengan adanya kegiatan penataran ini diharapkan para Babinsa mampu meningkatkan kemampuan dan juga serta menambah pengetahuan dan keterampilan...

Danrindam Tatar 30 Babinsa
TRIBUNFILE/IST
Komandan Rindam XII Tpr Kol Inf Khairul Anwar saat Tatar langsung 30 Babinsa jajaran Kodam XII Tpr 

Citizen Reporter

Kapt Inf Didin Saripudin,Pendam XII Tanjungpura

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Sekitar 30 Prajurit TNI AD berasal dari satuan jajaran Kodam XII/Tpr mengikuti kegiatan Penataran Bintara Pembina Desa (Babinsa) Tersebar TA. 2017 di Markas Rindam XII Tanjungpura‎ selama 15 hari kedepan.

Kegiatan yang secara resmi dibuka langsung oleh Komandan Rindam XII/Tpr Kol Inf Khairul Anwar Mandailing, SH dan juga di hadiri Wadan Rindam XII/Tpr, Perwakilan dari Kodam XII Tpr, Katim Gumil Rindam XII/Tpr, para Kabag Rindam XII/Tpr, para Dansatdik Rindam XII/Tpr, dan Dandenma Rindam XII/Tpr, pada Kamis (19/1/2017).

Danrindam XII/Tpr Kol Inf Khairul Anwar Mandailing menuturkan sesuai amanat dari Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Andika Perkasa, bahwa Babinsa merupakan ujung tombak satuan Teritorial terdepan yang setiap saat berada ditengah-tengah masyarakat.

"Maka Babinsa harus mampu melakukan Pembinaan Teritorial (Binter) yang dilaksanakan meliputi geografi, demografi dan kondisi sosial budaya," tegasnya.

Lanjutnya, hal tersebut karena untuk memelihara dan melakukan deteksi dini kejadian dan peristiwa apa pun yang terjadi di masyarakat.

"Dan dengan adanya kegiatan penataran ini diharapkan para Babinsa mampu meningkatkan kemampuan dan juga serta menambah pengetahuan dan keterampilan Binter yang lebih baik, kemanunggalan TNI rakyat," ungkapnya.

Ia menjelaskan ada 5 kemampuan Teritorial yang harus di miliki Babinsa yakni diantaranya Bakti TNI, Komsos dan Binwanmil serta yang terkait dengan aplikasi tugas-tugas di lapangan.

" Walaupun dengan alokasi waktu hanya 15 hari agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dalam proses belajar dan berlatih guna mendukung pelaksanaan tugas sebagai Babinsa di wilayah masing-masing,"harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Danrindam menyampaikan pesan dan penekanan Pangdam XII Tanjungpura yang khusus untuk para Babinsa yakni tugas untuk dapat di Jalani dengan kesadaran, ketekunan dan kesungguhan dan disiplin tinggi agar nantinya benar-benar memperoleh bekal dan referensi ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diharapkan.

"Selain itu juga selanjutnya ilmu yang di dapat untuk di Terapkan dan kegiatan praktek yang bersifat aplikatif dalam penyelenggaraan penataran, sehingga penalaran yang logis dan sistematis bagi peserta penataran dapat berkembang dan mampu memecahkan masalah dengan cepat, tepat dan tuntas, " pungkasnya‎.

Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved