Konsultasi Gizi

Inilah Makanan Ringan yang Tak Baik untuk Anak-anak

Obesitas pada anak dapat berdampak meningkatnya risiko berbagai gangguan kesehatan, seperti kencing manis...

Inilah Makanan Ringan yang Tak Baik untuk Anak-anak
TRIBUNFILE/IST
Makanan Ringan 

Makanan ringan apakah yg tidak baik untuk anak-anak? Wati, Sintang

Jawaban: 

Makanan ringan (jajanan/snack) yang tidak baik bagi anak-anak adalah yang berlemak tinggi dan bergula tinggi.

Makanan ringan (jajanan/snack) seperti itu mempunyai kontribusi terhadap perlemakan hati dan obesitas abdominal (obesitas sentral) pada anak-anak.

Obesitas pada anak dapat berdampak meningkatnya risiko berbagai gangguan kesehatan, seperti kencing manis (DM tipe 2), hipertensi, penyakit jantung, gangguan pernafasan, gangguan kejiwaan, dan sebagainya.

Perlemakan hati juga mempunyai resiko gangguan kesehatan yang dapat lebih buruk lagi, seperti sirosis hati dan kanker hati.

Para peneliti menemukan bahwa mengemil makanan ringan yang berlemak tinggi dan bergula tinggi terkait dengan lemak perut dan lemak hati ( steatosis hati ) .

Menurut penelitian yang diterbitkan di dalam Jurnal Hepatologi, sebuah jurnal dari Asosiasi Amerika untuk Studi Penyakit Hati, diet hypercaloric (kalori tinggi), sering makan (ngemil) snack/jajanan yang berlemak tinggi atau bergula tinggi akan meningkatkan konten trigliserida intrahepatik ( IHTG ) atau lemak hati dan lemak di sekitar pinggang.

Kesimpulannya bahwa makan dalam porsi kecil tetapi sering (ngemil) akan lebih memberikan kontribusi pada perlemakan hati dan pertambahan bobot badan dibandingkan dengan jika mengkonsumsi makanan dalam porsi besar.

Makanan yang manis atau berminyak/berlemak (gorengan) memang "kaya kalori" tetapi "miskin zat gizi", Makanan selingan atau jajanan yang mangandung gula juga akan mengurangi nafsu makan.

Sumber: Juju Juariah, Ahli Gizi 

Penulis: Listya Sekar Siwi
Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved