Menerka Peluang Delapan Kandidat Calon Kapolri

Menurut Pengamat Kepolisian, Hermawan Sulistyo masing-masing calon memiliki peluang yang sama untuk menjadi Kapolri.

Menerka Peluang Delapan Kandidat Calon Kapolri
Tribunnews
Budi Waseso 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Theresia Felisiani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, JAKARTA - Setidaknya ada delapan sampai sembilan nama jenderal bintang tiga yang masuk dalam bursa pencalonan kapolri, menggantikan posisi Jenderal Polisi Badrodin Haiti yang akan pensiun.

Menurut Pengamat Kepolisian, Hermawan Sulistyo masing-masing calon memiliki peluang yang sama untuk menjadi Kapolri. Meski begitu mereka juga tidak luput dari kekurangan.

Beberapa jenderal bintang tiga dijabarkan oleh Hermawan soal peluangnya dan apa kekurangannya masing-masing dari mereka.

"Kalau Kalemdikpol, Komjen Syafruddin dalam beberapa kali pertemuan di internal Polri dia selalu bilang, saya mimpi jadi bintang tiga saja tidak pernah. Saya menolak jadi Kapolri," ucap Hermawan, Sabtu (11/6/2016).

Kemudian Kabaharkam, Komjen Putut Eko Bayuseno dipetakan oleh Hermawan dari segi politis tidak lagi mumpuni karena Putut adalah mantan ajudan Presiden SBY, dimana kini SBY tidal lagi dalam arena utama pemerintahan.

Ada pula nama Kepala BNN, Komjen Budi Waseso atau Buwas yang namanya kian naik daun.

Dibeberkan Hermawan prestasi Buwas yang paling berhasil ialah dalam pemberantasan korupsi sewaktu Buwas masih menjadi Kabareskrim.

"Catatan prestasi Buwas itu di pemberantasan korupsi. Direktorat Tipikor Bareskrim pencapaiannya jauh di atas KPK. Buwas banyak mengembalikan uang negara padahal dananya tidak ada setengah dari anggaran KPK. Ini publik tidak tahu karena tidak dipublikasi," bebernya.

Selanjutnya Kabaintelkam, Komjen Noer Ali yang dari segi usia sudah tereliminasi. Mengapa? Karena pada Oktober nanti mantan Kapolda Jawa Tengah ini akan segera pensiun sehingga tidak mungkin terpilih menjadi Kapolri.

Halaman
12
Editor: Galih Nofrio Nanda
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved