Perusahaan Bisa Didenda Bila Tidak Berikan Cuti Bagi Karyawan

Terima kasih juga sudah bertanya, menurut Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 yang Membahas Tentang Ketenagakerjaan dalam Pasal 79 ayat (1)

Perusahaan Bisa Didenda Bila Tidak Berikan Cuti Bagi Karyawan
Ilustrasi
Kalender 

Perusahaan Bisa Didenda Bila Tidak Berikan Cuti Bagi Karyawan

PONTIANAK - Bun, mau nanya apakah ada sanksi bagi perusahaan yang menahan atau bahkan tidak memberikan cuti bagi pegawainya? Terus apakah juga ada sanksi bagi perusahaan yang mengambil hak libur para pegawainya. Jika ada peraturannya apa dan tolong jelaskan detail ya? Terima kasih sebelumnya.
08125632xxxx

Terima kasih juga sudah bertanya, menurut Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 yang Membahas Tentang Ketenagakerjaan dalam Pasal 79 ayat (1) disebutkan bahwa Pengusaha wajib memberi waktu istirahat dan cuti kepada pekerja atau buruh.

Dalam poin (2) disebutkan bahwa waktu istirahat dan cuti sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), meliputi :

Baca: Tarian Dianggap Pertunjukan LGBT, Ini Penjelasan Penanggungjawab Kegiatan

Baca: Ketua KPU Sanggau: Awalnya Ketua KPPS 09 Dusun Landau Sempat Mengeluh Sakit Kaki

Baca: Bupati Sekadau Rupinus Buka Sosialisasi Peran dan Fungsi TP4D

a. Istirahat antara jam kerja, sekurang kurangnya setengah jam setelah bekerja selama empat jam terus menerus dan waktu istirahat tersebut tidak termasuk jam kerja.

b. Istirahat mingguan satu hari untuk enam hari kerja dalam satu minggu atau dua hari untuk lima hari kerja dalam satu minggu.

c. Cuti tahunan, sekurang kurangnya 12 hari kerja setelah pekerja atau buruh yang
bersangkutan bekerja selama 12 bulan secara terus menerus.

d. Istirahat panjang sekurang-kurangnya dua bulan dan dilaksanakan pada tahun ketujuh dan kedelapan masing-masing satu bulan bagi pekerja atau buruh yang telah bekerja selama enam tahun secara terus-menerus pada perusahaan yang sama dengan ketentuan pekerja atau buruh tersebut tidak berhak lagi atas istirahat tahunannya dalam 2 (dua) tahun berjalan dan selanjutnya berlaku untuk setiap kelipatan masa kerja enam tahun.

Perusahaan yang tidak mengizinkan karyawannya mengambil cuti, bisa dikategorikan telah melanggar perjanjian dan perundangan ketenagakerjaan yang berlaku.

Jika perkara ini dibawa hingga ke ranah hukum, bukan tidak mungkin perusahaan maupun orang yang bersangkutan akan dikenai denda maupun kurungan penjara yang tertera dalam Pasal 187 Ayat (1).

Barang siapa melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 79 ayat (1), dan ayat (2) dikenakan sanksi pidana kurungan paling singkat 1 bulan dan paling lama 12 bulan dan atau denda paling sedikit Rp 10 juta rupiah dan paling banyak Rp 100 juta rupiah.

Affan
Kepala Bidang Tenaga Kerja Dinas Penanaman Modal Tenaga Kerja dan PTSP Kota Pontianak

Penulis: Rivaldi Ade Musliadi
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved