Pemkot Akan Tata Pasar Menjadi Lebih Refresentatif

Untuk di Siantan itu akan dibenahi Pasar Puring, pembenahan ini tentunya dianggarkan pada tahun ini dan direalisasikan 2020 nanti

Pemkot Akan Tata Pasar Menjadi Lebih Refresentatif
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Wali Kota Pontianak, Edi Kamtono 

Pemkot Akan Tata Pasar Menjadi Lebih Refresentatif

PONTIANAK - Pemerintah Kota Pontianak terus berupaya melakukan penataan pasar-pasar rakyat yang ada saat ini. Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menjelaskan bahwa penataan pasar adalah bagian dari komitmen Pemkot.

Ia menyebutkan akan melakukan pembenahan pasar Puring Siantan dan Pasar Dahlia Sungai Jawi. Pembenahan pasar-pasar yang ada akan dilakukan 2020 mendatang.

"Untuk di Siantan itu akan dibenahi Pasar Puring, pembenahan ini tentunya dianggarkan pada tahun ini dan direalisasikan 2020 nanti," ucap Edi Kamtono, Rabu (17/4/2019).

Pasar Puring Siantan ditegaskannya konsepnya tetap sama dengan yang ada saat ini tapi akan direhap dan ditingkatkan dari segi kualitasnya.

Baca: Jokowi Kalah di TPS 02 Kelurahan Putussibau Kota

Baca: Beberapa Surat Suara DPRD Kabupaten Tertukar Dapil, Ini Penjelasan Bupati Jarot Winarno

Pasar rakyat menurutnya adalah penopanpg perekonomian masyarakat, sehingga pemerintah kota sangat konsen menata sehingga perekonomian ditingkat masyarakat ini terus berkembang.

Kemudian untuk Pasar Dahlia akan dilakukan penataan ulang sehingga konsepnya akan berubah dari yang ada saat ini.

"Kalau Pasar Dahlia kita setting ulang, tapi kalau Puring kita tingktkan agar tidak kumuh lagi," tambahnya.

Untuk Pasar Dahlia, Edi menegaskan Pasar Buah akan masuk di Terminal Opelet yang ada saat ini, terus pasar lantai satu akan diperbaiki dan lantai duanya akan dibongkar habis.

Lantai Dua Pasar Dahlia, telah direncanakan untuk food court, sehingga lantai dua bisa berfungsi dengan baik.

"Untuk pasar lantai dua rata2kan tidak ada pedagang, tapi kita akan ubah menjadi food court, sehingga mempunyai daya tarik. Seperti yang ada di Pasar Tengah, saat ini sudah ada Mak Etek sehingga mempunyai daya tarik bagi warga," tambahnya.

Pasar-pasar yang ada akan ditata secara bertahap sehingga memberikan kenyamanan pada masyarakat ketika berbelanja.

Pasar rakyat penting menurutnya untuk terus ditata dan memberikan kenyamanan sehingga kekuatan ekonomi kerakyatan semakin baik.

"Pasar itu harus refresentatif, nyaman dan tidak kumuh. Oleh karena itu kita akan tata pasar yang ada, masyarakat diharapkan mendukung ini. Kita ingin semua pasar bisa rapi dan nyaman saat dikunjungi,"tegasnya.

Edi mencontohkan Pasar Tengah saat ini ketika berkunjung sudah memberikan suasana nyaman tidak lagi seperti dulu. Maka pasar-pasar lainnya juga harus ditata namun bertahap. "Kita targetkan dua pasar dulu, Pasar Puring dan Pasar Dahlia," jelasnya.

Penulis: Syahroni
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved