93 Surat Suara di TPS 12 Saigon Rusak Bikin Heboh dan Nyaris Ricuh

Ketua KPPS 12, Safii mengungkapkan bahwa kerusakan surat suara di TPS yang ia pimpin yakni berupa lubang - lubang sebesar lubang jarum.

93 Surat Suara di TPS 12 Saigon Rusak Bikin Heboh dan Nyaris Ricuh
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/FERRYANTO
Suasana di TPS 12, Kelurahan Saigon Kecamatan Pontianak Timur, Rabu (17/04/2019) 

93 Surat Suara di TPS 12 Saigon Rusak Bikin Heboh dan Nyaris Ricuh

PONTIANAK - Sebanyak 93 surat suara di TPS 12, Kelurahan Saigon, Kecamatan Pontianak Timur Rusak pada hari pemungutan suara pada Pemilu 2019 hari ini. Rabu (17/4/2019).

Hal ini lantas membuat proses pemungutan suara di TPS tersebut di perpanjang hingga pukul 15.00 WIB, dan bahkan sempat membuat kehebohan tersendiri dan hampir ricuh di TPS 12 tersebut.

Ketua KPPS 12, Safii mengungkapkan bahwa kerusakan surat suara di TPS yang ia pimpin yakni berupa lubang - lubang sebesar lubang jarum.

Banyaknya surat suara yang rusak inipun lantas membuat pendukung calon presiden mendatangi TPS 12 ini untuk mempertanyakan kebenaran informasi yang membuat suasana di TPS sempat tegang.

Baca: PRABOWO Sampaikan 5 Poin Penting Merespons Hasil Sementara Hitung Cepat & Proses Pemilu 2019

Baca: Ucap Syukur Pemilu 2019 Damai dan Aman, Jokowi Sampaikan Terimakasih Kepada Masyarakat Indonesia

Namun, setelah di beri penjelasan pendukung salah satu Paslon akhirnya mengerti dan ketegangan bisa di cairkan.

"Kalau surat suara yang rusak itu benar, tapi bukan surat suara sengaja di Coblos ke salah satu paslon, di antaranya, surat suara itu ada bolongnya ke Jokowi, ada yang bolong ke Prabowo, ada yang ke atas ada yang keluar kotak, tapi orang itukan ada yang dengarnya hanya sepihak dikiranya hanya ke salah satu Paslon aja, jadi ada yang datang nanya, setelah itu kita langsung pisahkan dan ndak kita gunakan, yang kita gunakan hanya surat suara yang bagus, sehingga dapatlah surat suara yang bolong itu 93 lembar,"ungkapnya.

Setalah itu ia mengungkapkan bahwa pihaknya segera menghubungi pihak Kelurahan untuk meminta surat suara Pemilihan Presiden yang baru sebagai pengganti.

"Kita minta ke Kantor Lurah Saigon, jadi lurah mengarahkan bila kekurangan surat suara presdien ajukan kesana dia ngasi tambahan, dan Alhamdulillah tadi dari Lurah ngasi tambahan 90 tapi ndak kita gunakan semua,"terangnya.

Iapun mengharapkan seluruh masyarakat dapat mengerti akan yang sebenarnya terjadi dan tidak mudah terprovokasi.

Baca: Distribusikan Logistik Pemilu, Lurah Saigon Pastikan Pelayanan Publik Tetap Normal

Baca: Promo Pemilu 2019, Honda Berikan Jaket Gratis Tag Foto Selfie Kesini!

"Mudah - mudahan masyarakat bisa ngerti yang sebenarnya terjadi, jangan mudah terprovokasi, jangan hanya mendengar suara sebelah pihak,"katanya

Ke 93 surat suara yang ada, nantinya setelah penghitungan akan pihaknya coret dan sebagai catatan di berita acara.

"Setelah kita selesai penghitungan pemiliham nanti, kita coret semua, kita masukkan di berita acara, ni orang Bawaslu nya ada, Lurahnya ada, kita ndak ada istilahnya mau curang - curang, cuman tanggapan orang,"tutur Safii.

Untuk DPT di TPS ini sendiri berjumlah 292 orang, dan sebanyak 238 orang memberikan hak pilihnya.

Untuk hasil perolehan suara sendiri pasangan Calon Presiden nomor urut 01 yakni Joko Widodo dan Ma'ruf Amin mendapat 28 suara, dan Pasangan nomor urut 02 Yakni Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno mendapatkan 210 suara. (Ferryanto)

Penulis: Ferryanto
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved