10 Ribu BTS Disiagakan XL Axiata di Jalur Mudik Lebaran

Tercatat sedikitnya ada peningkatan jumlah pelanggan di wilayah ini sebanyak 26% yang merupakan pindahan dari wilayah lain dalam periode Lebaran.

10 Ribu BTS Disiagakan XL Axiata di Jalur Mudik Lebaran
TRIBUN/ISTIMEWA
Teknisi XL Axiata melakukan pemeliharaan perangkat BTS di atas tower yang berlokasi di sekitar lokasi penyeberangan Feri Pelabuhan Ketapang Banyuwangi beberapa waktu yang lalu. Guna menghadapi kemungkinan lonjakan trafik saat memasuki bulan Ramadan dan berlanjut dengan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran, XL Axiata telah melakukan sejumlah langkah mengkondisikan jaringan dengan menyesuaikan pada sejumlah aktivitas pelanggan yang khas terjadi pada momen tersebut. 

10 Ribu BTS Disiagakan XL Axiata di Jalur Mudik Lebaran

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, BANYUWANGI - Menghadapi musim Lebaran, XL Axiata juga telah menyiapkan sekitar 50 MBTS dan sekitar 10.000 BTS baru di jalur mudik, tujuan mudik dan tempat wisata yang ramai dikunjungi saat Lebaran.

Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya menjelaskan optimisasi dan rebalancing jaringan yang dilakukan secara digital di titik kumpul atau hotspot Lebaran, seperti antara lain tempat keberangkatan atau kedatangan pemudik dan tempat tujuan wisata.

Baca: Sambut Ramadan dan Lebaran, XL Axiata Prediksi Kenaikan Trafik Data 30 Persen

Baca: XL Axiata Kenalkan Aplikasi Laut Nusantara ke Nelayan Mandar

“XL Axiata memastikan, sebagian besar jalur mudik utama telah terlayani dengan jaringan data berkualitas 4G LTE,” ujarnya.

Di sepanjang Pulau Jawa, 100% baik jalur tol Trans Jawa maupun jalur kereta api Jakarta – Surabaya telah terlayani jaringan 4G LTE.

Sementara itu, jalan tol di luar Jawa, yaitu Bakauheni – Terbanggi yang juga sudah beroperasi, jaringan 4G XL Axiata telah meng-cover lebih dari 85% jalur tersebut.

Sementara itu untuk jalan raya non tol pantai Utara Jawa dari Jakarta hingga Surabaya telah ter-cover layanan 4G LTE hingga sekitar 95%, dan jalur non-tol Pantai Selatan mencapai sekitar 90%.

Di Sumatera lebih dari 94% jalur mudik utama telah tercover oleh jaringan 4G LTE, sedangkan di Kalimantan mencapai 66%.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kota-kota tujuan utama mudik di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur diprediksikan akan mengalami lonjakan trafik sebagai imbas dari terjadinya perpindahan pelanggan untuk mudik dari kota-kota besar seperti Jakarta ke kota yang lebih kecil.

Tahun lalu, wilayah Jawa Tengah menjadi tujuan utama mudiknya pelanggan XL Axiata. Tercatat sedikitnya ada peningkatan jumlah pelanggan di wilayah ini sebanyak 26% yang merupakan pindahan dari wilayah lain dalam periode Lebaran.

Halaman
123
Penulis: Nina Soraya
Editor: Nina Soraya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved