Sambut Ramadan dan Lebaran, XL Axiata Prediksi Kenaikan Trafik Data 30 Persen

Sejumlah langkah mengkondisikan jaringan sudah dilakukan oleh tim XL Axiata dengan menyesuaikan pada sejumlah aktivitas pelanggan yang khas terjadi

Sambut Ramadan dan Lebaran, XL Axiata Prediksi Kenaikan Trafik Data 30 Persen
TRIBUN PONTIANAK/ NINA SORAYA
Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya didampingi Direktur Keuangan XL Axiata Mohamed Adlan bin Ahmad Tajudin memberikan penjelasan kepada jurnalis terkait Optimistis XL Axiata menghadapi tantangan 2019 serta persiapan jaringan menghadapi Ramadan dan Lebaran. 

Sambut Ramadan dan Lebaran, XL Axiata Prediksi Kenaikan Trafik Data 30 Persen

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,BANYUWANGI - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah menyiapkan jaringan guna menghadapi kemungkinan lonjakan trafik saat memasuki bulan Ramadan dan berlanjut dengan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran.

Baca: XL Axiata Kenalkan Aplikasi Laut Nusantara ke Nelayan Mandar

Baca: Puasa Senin Kamis - Tata Cara, Hukumnya, Keutamaan, Keajaiban, hingga Pintu Surga Pun Dibukakan

Sejumlah langkah mengkondisikan jaringan sudah dilakukan oleh tim XL Axiata dengan menyesuaikan pada sejumlah aktivitas pelanggan yang khas terjadi pada momen yang sama.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya, dalam paparannya menjelaskan aktivitas yang dimaksud terutama merujuk pada tren penggunaan jenis-jenis layanan data, arus mudik dan arus balik, dan pergerakan pelanggan selama liburan panjang Lebaran.

Selain itu, antisipasi juga dilakukan dengan mengamankan koneksi di sepanjang jalur tol baru baik di Jawa maupun Sumatera yang kemungkinan akan menjadi jalur utama masyarakat selama libur Lebaran.

“XL Axiata memprediksi, trafik semua layanan kemungkinan akan meningkat, dengan trafik data kembali akan naik paling tinggi yaitu sekitar 30% dibandingkan hari-hari biasa,” paparnya.

Akses pada layanan streaming kemungkinan akan mengalami kenaikan yang signifikan, baik untuk streaming video maupun musik. Untuk itu telah diantisipasi dengan meningkatkan kapasitas baik di jaringan core, transmisi, juga kapasitas radio di jalur mudik.

Pada jaringan core, peningkatan kapasitas secara menyeluruh telah dilakukan yaitu terutama pada radio akses (RAN) di sekitar 1.700 BTS, sekitar 250 jalur /hop transport, serta Sistem Utama Core (GGSN) paket data.

Selain itu juga dilakukan penambahan upstream menjadi 1.5x melalui 2 exchange (Singapura dan Australia).

Penulis: Nina Soraya
Editor: Nina Soraya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved