Pemkot Pontianak Yakin Asam Pedas Jadi Warisan Budaya Tak Benda

Tahun ini kita mengusulkan Asam Pedas dan Sotong Pangkong, tapi untuk sotong pangkong kajiannya belum lengkap.

Pemkot Pontianak Yakin Asam Pedas Jadi Warisan Budaya Tak Benda
TRIBUNPONTIANAK/YOUTUBE
Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak, Rendrayani 

Pemkot Pontianak Yakin Asam Pedas Jadi Warisan Budaya Tak Benda

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pemerintah Kota Pontianak dalam empat tahun terakhir berhasil mematenkan enam warisan budaya tak benda sebagai warisan budaya asap Pontianak.

Enam warisan tak benda tersebut adalah, Meriam Karbit, Corak Insang, Arakan Pengantin, Saprahan, Pacri Nanas dan Sayur Keladi.

Tahun ini, pemerintah setempat melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak kembali mengusulkan dua item untuk disertifikasi atau dipatenkan sebagai warisan budaya tak benda pada pemerintah pusat.

Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak, Rendrayani menyampaikan dua item tersebut adalah Asam Pedas dan Sotong Pangkong.

Baca: TERUNGKAP Siapa Syahreina Luna Barack, Bayi Pontianak yang Namanya Viral! Ibunya Sarjana Hukum

Baca: GAPKI Adakan Seminar Borneo Forum dengan Stakeholder di Seluruh Indonesia

"Tahun ini kita mengusulkan Asam Pedas dan Sotong Pangkong, tapi untuk sotong pangkong kajiannya belum lengkap. Sehingga kita hanya mempunyai satu harapan dan yakin lolos yaitu Asam Pedas," ucap Rendrayani, Rabu (20/3/2019).

Rendrayani menambahkan ia yakin kemungkan Asam Pedas bisa lolos sehingga warisan budaya tak benda yang dimiliki Kota Pontianak bertambah.

Saat ini semua dokumen dan usulan sudah dibawa ditingkat nasional dan sudah dirapatkan. Selanjutnya akan disidangkan kembali bulan Agustus mendatang serta pengumuman yang lolos sertifikasi budaya tak benda.

Tahapan dan persiapan pengajuan Asam Pedas sudah lengkap, "awalnya kita membuat usulan dimasukan ke provinsi dan usuan itu harus dilengkapi dengan kajian yang ada, mulai dari asal usul, video dan foto untuk dokumentasi," tambahnya.

Rendrayani yakin bisa meloloskan Asam Pedas sebagai warisan budaya tak benda.

"Ini tahun keempat kita lakukan usulan dan yang sudah tersertifikasi ada enam dan semoga asam pedas ini juga lolos," harapnya.

Lanjut disampaikannya untuk mempromosikan warisan budaya tak benda ini, selalu membuat event, Meriam Karbit, Saprahan, Arakan Pengantin misalnya yang dilakukan saat ulang tahun Kota Pontianak.

Selanjutnya bekaitan dengan Asam Pedas akan dikerjasamakan dengan hotel dan dunia usaha, agar bisa membuat bumbunya yang bisa dijual diluar daerah.

Penulis: Syahroni
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved