Masih Anjlok, Inilah Harga Getah Karet di Kapuas Hulu

Abdur Rasyid menyatakan, saat ini harga getah karet jenis cetak bangkok sadap (bakwan) seharga Rp 7.300 perkilogram

Masih Anjlok, Inilah Harga Getah Karet di Kapuas Hulu
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Petani Karet di Kecamatan Sungai Ambawang, Jukimin (56) 

Masih Anjlok, Inilah Harga Getah Karet di Kapuas Hulu

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Kepala Dinas Pertanian dan Panggang Kabupaten Kapuas Hulu Abdur Rasyid menyatakan, saat ini harga getah karet jenis cetak bangkok sadap (bakwan) seharga Rp 7.300 perkilogram, dan sedangkan cetak bambu Rp 8.700 perkilogram.

"Tapi kalau getah karet kering dimana kadar air sedikit dan tak ada campuran kumbal dan sebagainya seharga Rp 10.700 perkilogram. Jadi harganya variasi setiap kualitas getah karet tersebut," ujarnya kepada wartawan, Minggu (17/3/2019).

Baca: Sandiaga Uno Gelar Doa Bersama Jelang Debat Cawapres, Ini Harapannya

Baca: Majelis Adat Budaya Melayu Sintang Ajak Masyarakat Dukung Segala Keberagaman Budaya

Baca: Jokowi Dikabarkan Akan Hadiri Debat Cawapres Malam Ini

Pastinya menurut Rasyid, harga getah karet masih anjlok kalau dibandingkan harga sebelumnya mencapai Rp 20 ribu perkilogram. "Kita tak bisa berbuat banyak karena, harga getah karet tergantung pada harga pasar Internasional," ucapnya.

Abdur Rasyid menjelaskan, untuk mutu getah karet hasil dikelola petani kebun karet Kabupaten Kapuas Hulu masih jauh dari harapan, karena butuh pembinaan dari semua pihak, supaya mutu getah karet bisa sesuai dengan harapan pengusaha itu sendiri.

"Kita ketahui bersama bahwa, mutu dari getah karet sangat mempengaruhi harga itu sendiri. Apabila mutunya bagus tentu harga bagus, begitu sebaliknya kalau mutu kurang maka harga juga murah," ungkapnya.

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved