Amankan Tiga Truk Fuso yang Hendak Keluar Kalbar, Bea Cukai Periksa Ekspedisi Inisial EK

Jika sampai waktu tertentu sesuai ketentuan ternyata tidak bisa, bisa kita musnahkan

Amankan Tiga Truk Fuso yang Hendak Keluar Kalbar, Bea Cukai Periksa Ekspedisi Inisial EK
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ HADI SUDIRMANSYAH
Petugas Bea Cukai Pontianak periksa barang bawaan 3 truk Fuso yang di temukan ada barang impor tanpa dokumen kepabeanan. 

Amankan Tiga Truk Fuso yang Hendak Keluar Kalbar, Bea Cukai Periksa Ekspedisi Inisial EK

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Tiga unit truk fuso yang diamankan oleh petugas Bea Cukai Pontianak, Rabu (13/3/2019) kemarin di temukan 100 Ballpress pakaian lelong dan obat impor tanpa dokumen kepabeanan.

"Kita masih melakukan pencacahan, karena kondisi cuaca tak mendukung, banyak obat import ukuran kecil yang terpaksa di lakukan secara manual, maka hingga saat ini pencacahan dan pemeriksaan belum selesai," kata Kepala Bea Cukai Pontianak Dwiyono Widodo pada Sabtu (16/3/2019)

Dan hingga saat ini sudah ada empat orang yang di mintai keterangan yakni tiga sOpir Truk Fuso dan satu orang dari pihak Ekspedisi. "Pihak ekpsedisi dari Pontianak yakni berinisal EK, ‎"katanya.

Baca: Tips dan Trik Menulis Essay Untuk Mengikuti Beasiswa Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan

Baca: VIDEO: Anak PIKR Desa Tanjung Merpati Kembayan Sampaikan Pesan Positif Lewat Kreasi Payung

Dwiyono Widodo menegaskan, saat ini dari tiga truk fuso yang di lakukan pemeriksaan, yang baru berhasil di lakukan pencacahan untuk obat-obat herbal atau tradisional import ini baru 11 jenis di temukan.

"Untuk minol ada 6 dus itu ada pita cukai resmi berasal dari perusahaan importir Bali, karena di temukan di Pontianak tujuan Jakarta ini masih di lakukan selidiki," tambah Widodo.

"Untuk dua unit sepeda motor Vespa Excel dan P150X itu bernopol Kalbar dan memiliki surat, dan kita hanya memeriksa dan menyelidiki barang itu barang luar negeri, berarti import ada dokumen kepabeanan‎," tambahnya.

Lanjutnya, saat ini status barang - barang yang di amankan yakni Barang Disita Negara (BDN), ini sampai dengan pemilik bisa membuktikan kalau barang itu bisa membuktikan dokumen kepemilikan dan kepabeanan untuk barang importnya.

"Jika sampai waktu tertentu sesuai ketentuan ternyata tidak bisa, bisa kita musnahkan," tambahnya.

Sebelumnya Petugas Bea Cukai Cegah tiga truk Fuso meninggalkan Kalbar, terkait ada temuan beberapa pengiriman barang impor tak di l‎engkapi dokumen, Rabu (13/3/2019) malam di Pelabuhan Dwikora Pontianak

Tak hanya mencegah, petugas Customs ini juga mengamankan dan melakukan pengeledahan serta melakukan pemeriksaan intensif terhadap tiga truk yang bernopol polisi asal l‎uar Kalbar ini.

Baca: Tingkatkan Kapasitas, LDII Gelar Bimtek dan Konsolidasi di Wilayah Singbebas

Ketiga truk panjang itu yakni bernopol B 9665 UDF, B 9298 JL dan BK 8247 XT‎ yang saat ini sudah berada di depan kantor Bea Cukai Pontianak Dan petugas Bea Cukai sedang melakukan pemeriksaan secara intensif ke para supir tiga truk fuso tersebut.

Kepala Bea Cukai Pontianak Dwiyono Widodo menuturkan tiga fuso itu diamankan saat berada sedang antri di pelabuhan dwikora Pontianak akan memasuki kapal tujuan Jakarta.

Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved