Gidot Sebut Bengkayang Siap Untuk Jadi Sentra Buah Kalbar

Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot menerangkan jika pihaknya siap jika ditunjuk maupun dipilih menjadi tempat untuk sentra buah di Kalbar

Gidot Sebut Bengkayang Siap Untuk Jadi Sentra Buah Kalbar
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot saat mendistribusikan sebanyak 15.275 sertifikat kepada masyarakat di Kabupaten Bengkayang, Jumat (28/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridho Panji Pradana

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot menerangkan jika pihaknya siap jika ditunjuk maupun dipilih menjadi tempat untuk sentra buah di Kalbar.

"Jadi menurut saya sih memang kalau dilihat dari potensi lahan apa segala, memang yang paling cocok di Sanggau Ledo, kemudian daerah Sidding, Sungkung, memang cocok. Jadi kalau memang ada kebijakan kita sangat menyambut baik dan kita siap untuk memfasilitasinya," katanya, Minggu (13/01/2019) dihubungi Tribunpontianak.co.id

Hal tersebut lantaran, kata Gidot, karena dari struktur tanah dan juga pangsa pasar.

"Kita tidak berfikir untuk Kalbar juga, tapi juga ke luar pulau, kemudian kalau pelabuhan jadi kita mesti ekspor buah," bebernya.

Baca: Peringati HUT Ke-53, SMPN 1 Teluk Keramat Adakan Pawai Keliling

Baca: Gubernur Midji Sebut Bakal Bangun Sentra Buah di Kalbar Tak Jauh Dari Pusat Kota

"Saya kemarin di Sungkung mulai tahun ini mencanangkan daerah-daerah yang tidak terlalu banyak tanaman, tetapi masuk bukit-bukit bisa untuk pertanian dan perkebunan, seperti menanam durian, kan kita durian pasar juga bagus, dan buah-buah juga diharapkan tidak hanya diproduksi dari dalam negeri namun juga buah-buah yang bisa diekspor," jelasnya.

Maka dari itu, Bupati dua periode ini pun mengungkapkan, jika pihaknya siap jika Pemprov maupun pemerintah pusat menetapkan Bengkayang menjadi sentra buah di Kalbar.

"Intinya, apalagi jika pemprov atau pemerintah pusat menetapkan Bengkayang, Sanggau Ledo, Seluas, Jagoi, Sidding jadi sentra luar biasa, sehingga kita juga bisa mengamankan daerah yang perbukitan," katanya.

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved