Expo Universitas dan Perguruan Tinggi di SMA Santo Paulus Pontianak, Ini Manfaatnya untuk Siswa

Jaman dulu mau kuliah di Jawa harus pergi ke Jawa, tapi sekarang langsung dari sini juga bisa,

Expo Universitas dan Perguruan Tinggi di SMA Santo Paulus Pontianak, Ini Manfaatnya untuk Siswa
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ANGGITA PUTRI
Pelaksanaan Expo Universitas dan Perguruan Tinggi di SMA Santo Paulus, Kota Pontianak, Jumat (11/1/19). 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Anggita Putri

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,PONTIANAK- Expo Universitas dan Perguruan Tinggi di SMA Santo Paulus Pontianak yang digelar selama dua hari ini dipusatkan di Aula Bina Remaja Jl. AR. Hakim No.92, Kota Pontianak, Jumat (11/1/19).

Niko (57), Guru Matematika di SMA Santo Paulus,  mengatakan kegiatan pameran pendidikan yang dilaksanakan selama dua hari ini merupakan kegiatan rutin tahunan.

"Acara ini memang sangat memberikan manfaat untuk semua siswa, termasuk orang tua mereka untuk berkonsultasi langsung dengan setiap perguruan tinggi yang datang ke sini mengenai pembiayaan, tempat kuliah, jurusan, dan beasiswa," ujar Niko, Sabtu (12/1/2019).

Dalam kegiatan itu, ada yang langsung ikut tes di stan pendidikannya. Jadi sebelum mereka lulus ujian nasioanal, mereka sudah mendapatkan  tempat kuliah.

"Jaman dulu mau kuliah di Jawa harus pergi ke Jawa, tapi sekarang langsung dari sini juga bisa," ujar Niko.

Kegiatan ini juga sudah mendapat dukungan dari orang tua siswa karena dengan pameran ini mereka bisa mendapatkan info yang tepat tentang pembiayaan perkuliahan untuk anak-anaknya.

"Kalau dari Dinas Pendidikan hanya untuk membuka dan mereka selalu mengetahui acara ini, tetapi kamilah sebagai penyelenggaranya," ujar Niko.

Baca: Buka Festival Durian Borneo 2019 di Punggur, Sutarmidji: Durian Kalbar Terbaik di Indonesia

Baca: Klasemen Proliga 2019: Jakarta Pertamina Energi di Puncak, Posisi PGN Popsivo Polwan Terancam

Niko mengatakan kalau dulu sifatnya hanya persentasi dikelas, tetapi sekarang lebih terpusat dan terbuka untuk umum.

Jadi bukan hanya siswa di Santo Paulus saja yang bisa berkunjung, tetapi semua sekolah di Kalbar bisa ikut berpartisipasi.

"Harapan kedepannya siswa-siswi dari kelas X,XI,XII dan dengan hal ini mereka mendapatkan pandangan untuk jurusan dan perkuliahan yang akan mereka ambil," ujar Niko.

Baca: Tarian Berpasangan Meriahkan Natal Bersama di Persekolah Suster Pontianak

Saat ditemui beberapa siswa yang sedang berkunjung ke Stand yaitu Hengki,Nelson dan Mikel. Mereka tampak membawa banyak selembaran kertas informasi yang dibagikan dari setiap stand.

Dengan adanya pameran ini mereka anak-anak kelas XII merasa terbantu untuk  mencari  Universitas terbaik dan jurusan yang pas. Sehingga mereka semakin mudah untuk memilih.

"Saya pribadi belum ada pilihan,Tetapi jurusan sudah ada tinggal memilih kampusnya saja," ujar Hengki siswa kelas XII Santo Paulus.

"Dengan adanya kegiatan seperti ini kita bisa tahu banyak kampus yang ada di Indonesia maupun luar negeri," ujar ketiga siswa tersebut.

Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved