Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Sintang Buka Pendaftaran Relawan Demokrasi

Menurutnya Relawan Demokrasi (Relasi) muncul karena keresahan atas menurunnya angka partisipasi pemilih dalam tiap-tiap pemilu.

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Sintang Buka Pendaftaran Relawan Demokrasi
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ WAHIDIN
Ketua KPU Kabupaten Sintang, Hazizah 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Wahidin

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sintang membuka pendaftaran untuk 55 orang Relawan Demokrasi (Relasi) Pemilu 2019, pendaftaran dibuka 14-16 Januari 2019 pukul 08.30-16.00 WIB di Kantor KPU Kabupaten Sintang, Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo nomor 77 Sintang.

"Tugasnya ialah penyuluhan demokrasi selama tiga bulan di 10 basis pemilih yaitu eluarga, pemula, muda, perempuan, disabilitas, kebutuhan khusus, kaum marjinal, komunitas, keagamaan, warga internet," ujar Ketua KPU Sintang, Hazizah, Jumat (11/1/2019) pagi.

Baca: Sudiyanto: Tidak Semua Warkop dan Tempat Hiburan di Sintang Memiliki Izin

Baca: Keselarasan Tugas dan Ibadah, Anggota Polsek Kayan Hulu Amankan Ibadah Sholat Jumat

Baca: Sering Gangguan, Warga Putussibau Keluhkan Jaringan Telkomsel 

Berkas pendaftaran, formulir pendaftaran, surat pernyataan, fotokopi E-KTP Kabupaten Sintang, pas foto ukuran 4x6 sebanyak 4 lembar, daftar riwayat hidup yang mencantumkan pengalaman kepemiluan beserta lampiran yang mendukung pengalaman tersebut.

"Persyaratan pendaftaran di antaranya WNI terdaftar di DPT, berusia minimal 17 tahun pada saat mendaftar, merupakan salah satu dari 10 basis pemilih, bukan anggota partai politik, tim kampanye, tim sukses peserta pemilu," katanya.

Menurutnya Relawan Demokrasi (Relasi) muncul karena keresahan atas menurunnya angka partisipasi pemilih dalam tiap-tiap pemilu.

Oleh karena itu, KPU berupaya meningkatkan partisipasi masyarakat.

"Salah satunya dengan melakukan rekruitmen relawan demokrasi yang melibatkan kelompok masyarakat dari 10 basis pemilih strategis ini. Tujuan utama yang meningkatkan kualitas proses pemilu, meningkatkan partisipasi pemili," tambah Hazizah.

Selain itu, program Relawan Demokrasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi dan membangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam agenda pemilu dan demokrasi.

"Relasi terpilih juga tersebar di 14 kecamatan di Kabupaten Sintang. Tujuannya agar proses sosialisasi Pemilu 2019 bisa menjangkau di daerah-daerah yang terisolir dan jauh dari wilayah kecamatan. Kegiatan sosialisasi ini lakukan oleh relasi yang terpilih dari wilayah terisolir tersebut," pungkasnya.

Penulis: Wahidin
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved