Libur Natal dan Tahun Baru, Trafik Data XL Axiata Melonjak 83%

Di Labuhan Bajo, trafik layanan data juga mengalami kenaikan sebesar 165%.

Libur Natal dan Tahun Baru, Trafik Data XL Axiata Melonjak 83%
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Petugas memeriksa jaringan milik XL Axiata, belum lama ini. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,JAKARTA - Libur panjang akhir tahun telah meningkatkan penggunaan layanan telekomunikasi dan data. PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat kenaikan trafik penggunaan layanan data yang cukup signifikan.

Terhitung mulai 23 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019, secara rata-rata terjadi kenaikan trafik sekitar 83% dibandingkan hari-hari normal.

Baca: Jadwal Liga Champion Babak 16 Besar: Siaran Langsung (Live) RCTI Babak 16 Besar Liga Champions

Baca: Ingin jadi Anggota Baru di Perpustakaan Kalbar, Ini Syaratnya

Kenaikan trafik tertinggi ada pada tanggal 23 Desember 2018 sebesar 40% dan 1 Januari 2019 sebesar 83%. Dari jenis layanan, kenaikan trafik tertinggi ada pada akses ke layanan Instant Messaging, yaitu meningkat 540% dibandingkan hari-hari biasa.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya, mengatakan antusiasme masyarakat dalam merayakan libur panjang sangat terlihat beberapa tahun terakhir. Bahkan hampir tak ada beda dengan saat libur Lebaran.

“Jalan-jalan di Ibukota Jakarta menjadi lengang, sementara itu jalan menuju luar kota menjadi padat. Melalui sistem monitoring jaringan, kami melihat tingkat perpindahan pelanggan juga cukup tinggi. Trafik penggunaan layanan di banyak area di luar Jakarta meningkat signifikan, sebaliknya di Jakarta cenderung berkurang,” paparnya.

Yessie menambahkan, berkat persiapan yang matang, jaringan XL Axiata sukses dan lancar dalam melayani pelanggan di semua wilayah, termasuk di area-area yang mengalami peningkatan trafik secara signifikan.

Untuk memastikan jaringan benar-benar aman, maka XL Axiata meningkatkan kapasitas jaringan pada sekitar 1.500 site yang meng-cover area atau wilayah yang kemungkinan akan mengalami peningkatan trafik selama libur Natal dan tahun baru.

Site-site tersebut antara lain berada di jalur utama transportasi darat menuju kota-kota tujuan liburan, juga di sekitar lokasi-lokasi wisata.

Selain itu, berbagai upaya juga telah disiapkan, antara lain dengan penempatan sejumlah Mobile BTS di berbagai lokasi yang tersebar di Sumatra, Jakarta, pusat Kota Bandung serta di jalur tol trans Jawa.

Area yang mengalami kenaikan trafik tertinggi adalah Kabupaten Buleleng, Bali sebesar 211%, Kabupaten Deli Serdang 140% dan Kota Medan 115%.

Halaman
12
Penulis: Nina Soraya
Editor: Nina Soraya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved