Advetorial

BPJS Kesehatan Mengudara Sosialisasikan Rujukan Online

Uji coba penerapan sistem digitalisasi rujukan atau rujukan online telah selesai pada 31 Oktober 2018...

BPJS Kesehatan Mengudara Sosialisasikan Rujukan Online
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Bpjs Kesehatan Mengudara Sosialisasikan Rujukan Online 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Uji coba penerapan sistem digitalisasi rujukan atau rujukan online telah selesai pada 31 Oktober 2018, saat ini penerapan sistem rujukan online masuk pada masa transisi dan evaluasi.

Dalam rangka peningkatan pemahaman terkait rujukan online, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pontianak, Ansharuddin memberikan informasi kepada masyarakat dengan menggandeng pejabat Rumah Sakit Sultan Syarif Muhamad Alkadire Pontianak sebagai narasumber dalam bincang pagi di Radio Sonora 96,7 FM Pontianak (19/11/2018).

"Melalui kegiatan bincang pagi ini diharapkan masyarakat lebih memahami terkait sistem digitalisasi proses rujukan yang sebelumnya dilakukan secara manual. Rujukan online ini tetap mengacu pada sistem rujukan berjenjang namun lebih didukung oleh sistem Informasi dan Teknologi (IT) dengan tujuan memberikan kemudahan tidak hanya bagi peserta tetapi juga bagi fasilitas kesehatan dan BPJS Kesehatan,” ujar Anshar.

Baca: GMKI Wilayah XIV Kalbar Dukung Penyelenggaraan Cap Go Meh di Pontianak

Baca: Facebook dan Instagram Down, Warganet Ribut di Twitter

Baca: Yoris Harap Ketua Terpilih Jadi Lilin Penerang Organisasi Gereja dan Negara

Penerapan sistem rujukan online berjenjang sampai saat ini sudah berjalan dengan baik, peserta yang membutuhkan pelayanan kesehatan tetap mengunjungi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dimana peserta terdaftar, setelah itu FKTP akan membantu peserta untuk memilih rumah sakit rujukan sesuai dengan sarana dan prasarana yang dibutuhkan peserta.

Dengan demikian meminimalisir adanya rujukan berulang kepada peserta karena tidak adanya sumber daya manusia ataupun sarana yang dibutuhkan.

Melalui kegiatan bincang pagi ini, pendengar juga diperkenankan mengajukan pertanyaan.

Salah satu pendengar menanyakan bagaimana jika saat peserta datang ke FKTP untuk mengurus rujukan online akan tetapi sedang terjadi masalah misalkan terjadi gangguan jaringan ataupun mati lampu.

Baca: Korea Masters 2018: Jadwal dan Link Live Streaming Aksi Wakil Indonesia di Korea Masters 2018

Baca: Puji Syahrini, Reino Barack Ungkap Kebohongan Luna Maya

Baca: Mempawah Merangkak ke Posisi 2 Perolehan Medali Porprov XII

“Peserta tidak perlu khawatir, jika terjadi gangguan terhadap sistem tentunya BPJS Kesehatan melalui tenaga IT segera melakukan perbaikan tanpa menghambat pelayanan kepada peserta, namun jika terjadi gangguan teknis seperti mati lampu, tentunya FKTP yang ada saat ini telah dilengkapi dengan fasilitas genset, namun apabila tidak dapat teratasi pihak FKTP dapat menghubungi pihak BPJS Kesehatan untuk dicarikan solusi agar tidak menghambat layanan kepada peserta JKN-KIS,” tutur Anshar.(*)

Yuk follow instagram Tribun Pontianak:

Editor: listya sekar siwi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved