Belajar Sambil Didampingi Ortu Itu Baik Loh Ternyata

Nah, ternyata, selain menyenangkan, belajar bareng ortu itu juga mendatangkan banyak manfaat loh. Ini, diungkapkan oleh pengamat pendidikan

Belajar Sambil Didampingi Ortu Itu Baik Loh Ternyata
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Akademisi IKIP PGRI Pontianak, Tri Mega Ralasari. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ishak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kapan terakhir kali kamu belajar atau ngerjain PR ditemani atau dibimbing orangtua (ortu) masing-masing?. Ternyata, belajar sambil didampingi ortu itu manfaatnya banyak banget kuy.

Teman-teman pastinya punya memori istimewa dari momen belajar atau ngerjain pr didampingi ortu. Momen berkesan yang tak akan terlupakan.

Baca: Perjuangan Komunitas Seni Tari Ikan Mas Demi Tampil di Event Internasional yang Berbuah Manis

Baca: Keren! Komunitas Seni Tari Ikan Mas FKIP Untan Boyong Empat Medali di Kompetisi Seni Internasional

Nah, ternyata, selain menyenangkan, belajar bareng ortu itu juga mendatangkan banyak manfaat loh. Ini, diungkapkan oleh pengamat pendidikan, Tri Mega Ralasari.

"Mengingat trilogi pendidikan, sebagai wujud pilar pendidikan yang berlangsung di rumah, sekolah dan masyarakat, bermakna orang tua memiliki peran yang besar dalam mewujudkan calon - calon peserta didik yang berkualitas dalam akhlak dan moral," ujar wanita yang juga akademisi IKIP PGRI Pontianak itu, Sabtu (10/11/2018)

Ia mengungkapkan, ada dua manfaat utama yang bisa didapatkan kalau kita belajar didampingi sama ortu. Pertama adalah motivasi untuk berprestasi lebih baik, dan ke dua tentang sikap mental sosial yang lebih baik di sekolah.

Bahasa lainnya, ya kita akan punya kepribadian dan akhlak yang baik di sekolah. Baik kepada sesama teman, kakak kelas, adik kelas, dan juga ke guru-guru.

"Ini mengindikasikan bahwa, orang tua akan sangat membantu proses pendidikan mencapai tujuan pendidikan. Sebagaimana yang diamanatkan dalam sistem pendidikan nasional uu no.23 tahun 2003," lanjutnya.

Dalam poin tersebut, diamanatkan tentang upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya. 

"Yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani. Kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan," sambungnya.

Nah, jadi, jangan pernah malu kalau mau belajar didampingi sama ortu ya kuy. Karena ada manfaat yang bisa kita dapatkan dari belajar sambil didampingi ortu kita.

Jangan karena gaya-gayaan udah gede, jadi malas berinteraksi sama ortu. Merasa mampu dan mandiri itu perlu, tapi dalam beberapa hal, kita tetap harus melibatkan ortu kita. 

Penulis: Ishak
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved