BPJS Kesehatan Pontianak Sosialisasikan Rujukan Online Ke ASN Kabupaten Mempawah

Kegiatan sosialisasi dan dihadiri puluhan ASN di lingkungan Pemerintah Mempawah

BPJS Kesehatan Pontianak Sosialisasikan Rujukan Online Ke ASN Kabupaten Mempawah
ISTIMEWA
BPJS Kesehatan menyosialisasikan perkembangan dan informasi terbaru kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) 

 TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sebagai Badan Hukum Publik yang dibentuk sesuai Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 yang ditugaskan langsung oleh Presiden untuk menyelenggarakan Program Jaminan Sosial Kesehatan.

BPJS Kesehatan memiliki kewajiban menyosialisasikan perkembangan dan informasi terbaru kepada pesertanya, salah satunya adalah Aparatur Sipil Negara (ASN).

Hal ini juga diimplementasikan langsung oleh BPJS Kesehatan Pontianak, pada Kamis (30/08) ketika menyambangi pemerintah Mempawah untuk sosialisasi terkait info terbaru Program JKN-KIS terutama tentang rujukan online.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemerintah Kabupaten Mempawah. Kegiatan sosialisasi dan dihadiri puluhan ASN di lingkungan Pemerintah Mempawah

Kepala BKPSDM Abdullah yang juga membuka acara tersebut mengatakan, kegiatan sosialisasi ini diharapkan sebagai media penyampaian informasi tentang Jaminan Kesehatan Nasional yang merupakan sebuah bentuk jaminan sosial dari pemerintah untuk masyarakat Indonesia.

“Dengan sosialisasi ini juga diharapkan Pegawai Negeri Sipil yang juga disebut Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya di lingkungan pemerintah Kabupaten Mempawah lebih memahami apa itu Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat dan sistem rujukan online yang saat ini di terapkan oleh BPJS Kesehatan,” ujar Abdullah.

Baca: SBY jadi Juru Kampanye Tim Pemenangan Prabowo-Sandiaga Uno

Selain menjelaskan informasi umum terkait program JKN-KIS, BPJS Kesehatan juga memaparkan sistem rujukan online yang saat ini diterapkan di sistem pelayanan Kesehatan Program JKN-KIS. Sistem rujukan online merupakan digitalisasi proses rujukan berjenjang untuk kemudahan dan kepastian peserta dalam memperoleh layanan di rumah sakit disesuaikan dengan kompetensi, jarak dan kapasitas rumah sakit tujuan rujukan berdasarkan kebutukan pasien.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Pontianak Devi Dwi Yanti mengatakan, dengan sistem rujukan online ini banyak sekali manfaat yang dirasakan khususnya bagi peserta JKN-KIS.

Baca: Kejar Target Capaian Imunisasi MR Sebesar 95 Persen, Diskes Kalbar Gandeng MUI

“Sistem ini membantu peserta mendapatkan kepastian waktu pelayanan dengan kompetensi dan radius terdekat, sistem rujukan online juga akan membantu peserta mendapatkan fasilitas kesehatan penerima rujukan sesuai dengan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, selain itu sistem ini akan mengurangi antrian yang menumpuk pada faskes tertentu karena peserta diberikan beberapa opsi tujuan faskes rujukan. Dengan Sistem Digitalisasi ini peserta juga tidak perlu repot membawa berkas rujukan, karena secara realtime data peserta akan diterima oleh faskes rujukan yang dituju,” tutur Devi.

Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved