Anggap Pendamping Desa Belum Maksimal, Dewan Kubu Raya Ungkap Kendalanya

Pendamping Desa yang dibentuk oleh Kementrian Desa tujuannya untuk membantu desa dalam melaksanakan sistem pemerintahan desa

Anggap Pendamping Desa Belum Maksimal, Dewan Kubu Raya Ungkap Kendalanya
Net
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunpontianak,  Try Juliansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Wakil Ketua Komisi 1 DPRD Kubu Raya, Muhammad Nurdin menilai, kinerja Pemdamping Desa belum maksimal, karena masih adanya persoalan keadministrasian di Desa yang menjadi keluhan.

Diantarnya menurut dia dalam setiap penyacairan Dana Desa dimana persoalan administrasi selalu menjadi penghambat. 

Baca: Kades Medan Mas Nilai Pendamping Desa Belum Mampu Membantu Memunculkan Inovasi

Baca: Sujiwo Akan Bangun Kantor DPRD di Masa Pemerintahannya Nanti

"Beberapa temuan yang mengarah ke persoalan hukum, juga bisa dikarenakan lemahnya Desa dalam membuat sebuah laporan keadministrasian. Ini lah yang menjadi ukuran menurut saya, bahwa memang peran Pendamping Desa dalam membatu Desa melaksanakan pemerintahan di Desa belum maksimal," ujarnya. 

Menurutnya, Pendamping Desa yang dibentuk oleh Kementrian Desa tujuannya untuk membantu desa dalam melaksanakan sistem pemerintahan desa, baik secara administratif maupun pemberdayaan. 

"Sejauh ini peran pendamping desa khususnya di Kubu Raya belum terlihat karena sampai sekarang, sistem administrasi di beberapa desa di Kubu Raya masih buruk," lanjutnya. 

 Ia berharap peran pendamping desa harus terus diperkuat, diantaranya menurutnya Dinas terkait harus membangun koordinasi yang afektif kepada para Pendamping Desa supaya fungsi pendampingan bisa dimaksimalkan.
 

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help