Advertorial

Dukung Pengembangan Karier Dosen di Kalimantan Barat, Kopertis XI Beri Arahan SISTER

Pada hari ini juga Kopertis Wilayah XI meneruskan salah satu amanah Presiden RI dan Menristekdikti RI untuk terus meningkatkan...

Dukung Pengembangan Karier Dosen di Kalimantan Barat, Kopertis XI Beri Arahan SISTER
TRIBUNFILE/IST
SUASANA - Peserta Yang Sangat Antusias Mengikuti Acara Sosialisasi. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kementrian Riset dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristek Dikti RI) Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah XI beri Sosialisasi Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTER) kepada perguruan tinggi swasta (PTS) di Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Kamis (12/7/2018).

Kegiatan yang terpusat di Ballroom Hotel Golden Tulip Pontianak ini, diikuti oleh 176 peserta, yang terdiri dari unsur pimpinan PT, tenaga pendidik (Dosen), Operator PDDikti dari berbagai perguruan tinggi swasta yang ada di Kalimantan Barat.

Dalam Sambutan Pembukaan, Koordinator Kopertis Wilayah XI Kalimantan, Prof Idiannor Mahyudin, menyampaikan pentingnya Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTER).

SUASANA - Pembukaan Acara Sosialisasi SISTER Untuk PTS se Kalimantan Barat
SUASANA - Pembukaan Acara Sosialisasi SISTER Untuk PTS se Kalimantan Barat (TRIBUNFILE/IST)

Pada hari ini juga Kopertis Wilayah XI meneruskan salah satu amanah Presiden RI dan Menristekdikti RI untuk terus meningkatkan mutu PTS di pulau Kalimantan.

"SISTER Ristekditi atau Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi dikembangkan oleh Kemenristekdikti RI, Setiap dosen memiliki berbagai informasi terkait dengan aktivitas tridarma, mulai dari latar belakang pendidikan, aktivitas pengajaran, aktivitas penelitian, aktivitas pengabdian kepada masyarakat, dan aktivitas pendukung. Seringkali data-data formal terkait aktivitas-aktivitas tersebut masih berhamburan, tidak terarsip dengan baik, sehingga apabila diperlukan kesulitan dalam menemukannya. SISTER ini bertujuan untuk meningkatkan karier dosen, meningkatkan mutu dosen dan merekam setiap aktivitas dosen dalam menjalankan Tridharma," terang Prof Idiannor .

Melalui SISTER, setiap dosen dapat membangun portofolio yang mengkompilasikan seluruh aktivitas tridarma yang pernah dilakukannya.

Dan portofolio tersebut dipakai untuk proses-proses pengembangan karir dosen.

Data yang ada di portofolio dapat diklaim dalam proses penilaian angka kredit, sertifikasi dosen dan proses lainnya.

Kemudian asesor / reviewer melakukan penilaian aktivitas dan produk yang telah diklaim tersebut.

"Kepada para dosen, terus jalankan tridharma dengan fokus agar jabatan fungsional terus meningkat. Kita akan dorong menjadi guru besar, kesempatan bapak ibu sama dengan dosen yang ada di PTN. Kepada operatornya nanti juga harus fokus dalam mempelajari ini, tugas operator yang akan menjalankan juga sangat mulia, membantu dosen dosen PTS kita," pesan Prof Idiannor pada seluruh peserta.

Halaman
12
Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved