IAR Pastikan Ganti Rugi Barang Warga Yang Dirusak Orangutan

"Terkait orangutan kita yang lepas untuk jumlahnya saya perlu konfirmasi kebagian animalkeeper dahulu. Namun sekarang saya di Jakarta,"ungkapnya

IAR Pastikan Ganti Rugi Barang Warga Yang Dirusak Orangutan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Ketua LSM Peduli Kayong, Suryadi saat melaporkan terkait orangutan IAR yang sering masuk ke pemukiman warga ke Dirkrimsus Polda Kalbar beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Subandi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG - Terkait adanya keluhan mengenai orangutan IAR di Desa Sungai Awan Kiri Kecamatan Muara Pawan sering lepas ke pemukiman warga.

Media And Communication IAR, Heribertus Suciadi mengakui memang pernah orangutan yang direhabilitasinya lepas. Namun ia belum mengetahui jumlah pasti berapa kali orangutannya lepas ke pemukiman warga itu.

Baca: Kades Sungai Awan Kiri Keluhkan Orangutan IAR Sering Lepas ke Pemukiman Warga

Baca: PLN Area Ketapang Bantah Keluhan Warga Listrik Padam Tiga Kali Sehari

"Terkait orangutan kita yang lepas untuk jumlahnya saya perlu konfirmasi kebagian animalkeeper dahulu. Namun sekarang saya lagi di Jakarta," ungkapnya kepada Tribun di Ketapang melalui telepon, Rabu (11/7).

Ia menegaskan kalau memang ada orangutannya lepas dan keluar ke pemukiman masyarakat sekitar. Serta terbukti ada merugikan warga pasti pihaknya melakukan pembayaran ganti rugi. "Kita selalu ada nota pembayaran ganti rugi itu dan kalau memang mau masih ada," ucapnya.

Heribertus menambahkan terhadap beberapa kasus kerusakan kebun warga. Menurutnya memang ada yang tak dilakukan pembayaran ganti rugi. Lantaran merugian warga tersebut tidak ada bukti bahwa penyebabnya adalah orangutan dari IAR.

"Kita selalu melakukan pembayaran ganti rugi kecuali kalau tak ada bukti bahwa kerugian itu disebabkan orangutan kita. Misalnya ada beberapa kasus kerugiannya kemungkinan disebabkan oleg hewa liar lainnya," tegasnya. (bnd)

Penulis: Subandi
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help