Pilgub Kalbar

Karolin-Gidot Sudah Siapkan Program Khusus Untuk Sejahterakan Nelayan Kalbar

Siap untuk meningkatkan kesejahteraan hidup keluarga nelayan yang ada di provinsi ini, dengan delapan program utama yang sudah disiapkannya.

Karolin-Gidot Sudah Siapkan Program Khusus Untuk Sejahterakan Nelayan Kalbar
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Kampanye dialogis nomor urut 2 yang dilaksanakannya di Mempawah 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridho Panji Pradana

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Calon Gubernur Kalimantan Barat nomor urut dua, dr. Karolin Margret Natasa mengatakan dirinya siap untuk meningkatkan kesejahteraan hidup keluarga nelayan yang ada di provinsi ini, dengan delapan program utama yang sudah disiapkannya.

"Ini merupakan komitmen kami untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat nelayan yang selama ini memang masih banyak yang belum layak. Kami sudah menyiapkan sejumlah program untuk membantu nelayan kita, saat dipercayakan masyarakat untuk memimpin provinsi ini nanti," kata Karolin, saat menjawab pertanyaan salah satu masyarakat nelayan, dalam kampanye dialogis yang dilaksanakannya di Mempawah, Minggu (10/6/2018), sesuai dengan rilis yang diterima TribunPontianak.co.id dari media center Karolin-Gidot

Menurut Karolin, dirinya mengetahui sektor Kelautan dan Perikanan memiliki peran yang cukup besar. Hal ini ditunjukkan dengan adanya kontribusi sektor perikanan terhadap peningkatan PDRB provinsi.

Baca: Tak Mau Kelewatan Nonton Piala Dunia 2018, Yuk Daftar IndiHome Minipack Mulai Rp 90 Ribu

Terkait hal tersebut, untuk mewujudkan Kalbar Hebat, Karolin-Gidot akan membuat konsep pembangunan dibidang kelautan dan perikanan serta berbagai sektor lainnya.

Karolin yang pernah menjadi anggota DPR itu menjabarkan, adapun sejumlah program yang akan dilakukannya nanti di sektor Perikanan dan Kelautan antara lain, membuat Kartu Nelayan Hebat, untuk melakukan pendataan bagi masyarakat nelayan, agar setiap program yang diarahkan untuk nelayan bisa lebih tepat sasaran.

"Kami juga akan meberikan bantuan alat tangkap yang ramah lingkungan, kemudian pengadaan GPS untuk nelayan, bantuan mesin kapal 10 GT uuntuk nelayan kecil, menggiatkan asuransi untuk nelayan, sertifikasi tanah nelayan, pembenahan kampung nelayan yang bekerjasama dengan Kementerian PUPERA, serta pogram keramba apung," tuturnya.

Karolin mengungkapkan, sejumlah program tersebut akan dilakukan, dilain beberapa program lainnya yang akan diarahkan menyentuh langsung kehidupan masyarakat nelayan.

Baca: Relawan Bagikan 1000 Takjil Gratis, Warga: Sampaikan Salam 3 Jari Saya ke Pak Sutarmidji-Norsan

"Untuk pengembangan keramba apung ini, juga akan menjadi salah satu program utama kita karena dari 217 pulau yang ada di Kalbar, pulau-pulau yang bergerombol seperti di kepulauan Karimata dan di sekitar pulau Lemukutan dapat dikembangkan budidaya laut menggunakan keramba jaring apung," lanjutnya

Sebelumnya, Suherman, warga Desa Semudun, Kecamatan Sungai Kunyit, saat menghadiri kampanye dialogis Karolin di Kabupaten Mempawah, mengharapkan agar pasangan Karolin-Gidot bisa menjadi pemimpin Kalbar yang lebih memperhatikan nasib Nelayan ke depan.

"Kami menyimpan harapan besar kepada ibu Karolin agar bisa melanjutkan program yang telah dilaksanakan oleh pak Cornelis, khususnya dalam meningkatkan kesejahteraan kaum nelayan yang ada di Mempawah ini," kata Herman.

Menurutnya, selama ini kehidupan nelayan tidak banyak mengalami perubahan, karena dinilai kurang mendapat perhatian dari pemerintah.

"Disaat harga kebutuhan pokok terus meningkat, penghasilan yang kami dapatkan selalu pas-pasan sehingga kami sulit untuk meningkatkan perekonomian kami. Mudah-mudahan, dengan terpilihnya ibu Karolin menjadi Gubernur Kalbar nanti, bisa membawa perubahan bagi kehidupan kami melalui program yang menyentuh langsung nelayan," pungkasnya. (*)

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help