Jadikan Lebaran Lebih Terang, PLN Operasikan PLTU Bengkayang

PLN mengoperasikan beberapa proyek di Kalimantan untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik selama bulan suci ramadan dan hari raya idul fitri.

Jadikan Lebaran Lebih Terang, PLN Operasikan PLTU Bengkayang
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / TRY JULIANSYAH
Warga melintas di area pembangunan PLTU di Kabupaten Bengkayang, Jumat (7/7). Selain kedaulatan energi pemerintah juga perlu memperhatikan dampak limbah yang dihasilkan PLTU tersebut di kemudian hari, termasuk kelestarian ekosistem dan lingkungan 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridhoino Kristo Sebastianus Melano

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - PLN mengoperasikan beberapa proyek di Kalimantan untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik selama bulan suci ramadan dan hari raya idul fitri.

Hal ini dilakukan setelah sebelumnya berhasil menyambungkan interkoneksi jaringan transmisi di Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur, kini PLN operasikan satu lagi PLTU di Kalimantan Barat.

Pengoperasian PLTU Parit Baru Site Bengkayang yang berlokasi di Dusun Tanjung Gundul Kecamatan Sei Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang dengan kapasitas 2x50 MW dilaksanakan pada Senin (4/6/2018) oleh Direktur Bisnis Regional Kalimantan Machnizon Masri.

Baca: DPRD Kalbar Minta PLN Jamin Ketersediaan Pasokan Listrik Dua Pekan Terakhir Ramadan

Pembangkit ini termasuk dalam proyek pemerintah fast track program 2 (ftp 2) yang pembangunannya dimulai pada Juli 2013 dengan total nilai investasi lebih dari Rp 1,3 Triliun rupiah.

"Alhamdulillah, hikmah di bulan ramadan ini kami dapat mewujudkan visi kami untuk membuat Kalimantan benderang. Pengoperasian satu unit PLTU ini direncanakan akan menambah pasokan daya sebesar 50 Mega-Watt ke Sistem Khatulistiwa," ujarnya.

Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie mengapresiasi upaya PLN dalam mencukupi kebutuhan listrik khususnya di Singkawang.

"Sebagai kota bisnis yang berkembang, banyak investor kita coba ajak untuk berinvestasi disini. Saya optimis dengan ketersediaan listrik yang baik investasi juga akan bertumbuh." ungkap Tjhai Chui Mie saat mengunjungi proyek PLTU ini dengan para investor asal negeri Tiongkok Sabtu, (2/6/2018).

GM PLN UIP Kalimantan Bagian Barat Rahmat Lubis mengatakan bahwa selain mempersiapkan pembangkit, saat ini PLN tengah melakukan perkuatan jaringan transmisi dan gardu induk dengan kegiatan rekonduktoring atau penggantian kabel konduktor dengan jenis yang lebih baik dan lebih kuat.

Sehingga, nantinya daya listrik yang dapat dihantarkan menjadi lebih maksimal, terutama untuk daerah Singkawang dan Bengkayang.

Halaman
12
Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help