Pontianak Terendam, Kadis PUPR: Bukan Banjir Tapi Genangan

Sementara untuk sistem jaringan saluran di Pontianak, Ismail menyebutkan sudah baik karena selalu dipelihara setiap tahunnya secara berkala.

Pontianak Terendam, Kadis PUPR: Bukan Banjir Tapi Genangan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ANESH VIDUKA
Banjir merendam sejumlah rumah penduduk di kawasan Jalan Purnama I, Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (16/5/2018) siang. Diguyur hujan pada Selasa malam, sejumlah Gang dan komplek di Jalan Purnama I Pontianak terendam banjir. TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Syahroni

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, TRIBUN - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pontianak, Ismail menerangkan, dataran Kota Pontianak berada sekitar 0,5-1 meter di atas permukaan laut dan sebagian daerah malah berada di bawah ketinggian air pasang laut maksimal.

Hal inilah menjadikan daerah-daerah tertentu rawan tergenang saat hujan maupun air pasang atau rob.

"Pontianak tidak ada banjir, hanya genangan saja. Karena waktu genangan itu tiga sampai tujuh jam saja. Kondisinya tergantung air pasang Sungai Kapuas," ucap Ismail.

Kadis PUPR Pemkot Pontianak, Ismail
Kadis PUPR Pemkot Pontianak, Ismail (TRIBUNFILE/IST)

Sementara untuk sistem jaringan saluran di Pontianak, Ismail menyebutkan sudah baik karena selalu dipelihara setiap tahunnya secara berkala.

"Cuma memang bagitu ada hujan yang lebat dan air Kapuas Pasang, sehingga air yang ada turunya lambat karena menunggu air Kapuas Surut," jelasnya.

Baca: Semalaman Hujan, Kawasan Kota Terendam, Ini Harapan Warga Pada Pemkot Pontianak

Ia mengakui memang ada beberapa lokasi yang tergenang, namun saat siang sudah surut bahkan kering. Seperti di Parit Tokaya di Gang Dungun, ada beberapa rumah warga bangunannya masuk dalam parit.

"Kita sudah mensosialisasikan pada masyarakat setempat, untuk tinggal di rusun yang telah dibangun pemerintah pusat. Tapi sampai saat ini rusunnya belum diserahkan ke Pemkot Pontianak," ujarnya.

Banjir merendam sejumlah ruko di kawasan Jalan Purnama I, Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (16/5/2018) siang.TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
Banjir merendam sejumlah ruko di kawasan Jalan Purnama I, Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (16/5/2018) siang.TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ANESH VIDUKA)

Ia mengimbau warga di sana pindah ke Rusun, sehingga penampang basah Parit Tokaya akan kembali lagi 14 meter. Saat ini hanya sekitar enam meter saja.

"Tapi dengan kondisi seperti itu, genangan di Parit Tokaya pagi pasti kering kalau air Kapuas surut tak pasang. Untuk normalisasi saluran kita lakukan setiap tahun," tambahnya.

Satu di antara Gg di Jl Wonobaru Yang Genangan Airnya Masih Dalam, Rabu (16/05/2018).
Satu di antara Gg di Jl Wonobaru Yang genangan Airnya Masih Dalam, Rabu (16/05/2018). (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / WAWAN GUNAWAN)
Penulis: Syahroni
Editor: Didit Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help