Ini Kebiasan Satarudin Sehingga Ia Matang dalam Mengambil Keputusan

Kalau saya hampir semua pemimpin dunia dibaca, baik yang kiri maupun kanan, setelah itu kita telaah apakah benar itu.

Ini Kebiasan Satarudin Sehingga Ia Matang dalam Mengambil Keputusan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / SYAHRONI
Satarudin 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Syahroni

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Calon Wali Kota Pontianak, Satarudin menuturkan jika setiap harinya ia menyempatkan diri untuk membaca. Buku yang ia baca beragam modelnya dan berlatar belakang yang berbeda.

"Saya itu setiap hari selalu menyempatkan diri untuk membaca minimal beberapa menit, karena dengan banyak membaca akan banyak pengetahuan dalam otak kita," ucap Satarudin, Selasa (17/4/2018).

Terlebih menurutnya para anak muda di Kota Pontianak harus membiasakan dirinya membaca, disarankannya jika membaca harus dari segala latar belakang, setelah dibaca maka harus ditelaah dan ambil yang baik-baiknya.

Baca: Menghadapi Masa Bonus Demografi, Ini Program Satarudin

Jika seorang tak suka membaca menurut Satar, maka informasi yang akan diterimanya juga akan sedikit bahkan bisa membuat pola pikirannya sempit karena tak ada pembanding dalam literasi yang diperoleh.

"Kalau saya hampir semua pemimpin dunia dibaca, baik yang kiri maupun kanan, setelah itu kita telaah apakah benar itu. Tapi semua buku yang saya baca adalah mereka ingin mensejahterakan rakyatnya," ujar Satar.

Saat ini menurut Satar perlu reformasi total agar para pelajar dan mahsiswa memperkaya dirinya dengan literasi. Berdasarkan penelitian dunia dari 61 negara, Indonesia berada di urutan 60, literasi paling rendah.

"Itu menunjukkan kalau kita sangat lemah dalam membaca, padahal membaca adalah jendala dunia dan semakin banyak membaca maka semakin matang kita dalam menelaah permasalahan yang ada," sebutnya.

Untuk di Kota Pontianak, ia tegaskan jika jadi wali kota, ia akan siapkan perpustakaan digital dan dikafe serta warkop akan dilakukan kerjasama dengam pemiliknya untuk menyiapkan minimal pojok baca.

Penulis: Syahroni
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved