TribunPontianak/

Kapal Kemanusiaan Kalbar Melayani Semua Umat

Di Kalimantan Barat, pelayanan kesehatan dan lainnya akan difokuskan di bantaran sungai dan lorong-lorong pedalaman.

Kapal Kemanusiaan Kalbar Melayani Semua Umat
Peresmian Kapal Kemanusiaan 03 Kalimantan Barat secara simbolis di Grand Kartika Hotel, Jalan Rahadi Usman Pontianak, Senin (16/04/208). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Prabowo

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, TRIBUN - Donatur Asia Muslim Charity Foundation (AMCF) atau Yayasan Muslim Asia dari Uni Emirat Arab, Syeikh Dr Mohammad Mohammad Thoyyib Khoory mengatakan, tujuan pemberian kapal guna memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat tanpa ada pembatas perbedaan, seperti suku, agama ataupun perbedaan lainnya.

kapal kemanusiaan
kapal kemanusiaan ()

Baca: Kapal Kemanusian Masuk Pelosok Kalbar, Apa Saja Misinya

Ia mengatakan Kapal Kemanusiaan 03 Kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat merupakan kapal keempat yang didistribusikan oleh Asia Muslim Charity Foundation (AMCF) atau Yayasan Muslim Asia.

"Sebelumnya, AMCF telah meluncurkan program kapal kemanusiaan di tiga lokasi yakni Kota Sorong Provinsi Papua Barat, Kota Ternate Provinsi Maluku Utara dan Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan," ungkapnya saat peresmian Kapal Kemanusiaan 03 Kalimantan Barat secara simbolis di Grand Kartika Hotel, Jalan Rahadi Usman Pontianak, Senin (16/04/208).

Baca: Pj Gubernur Bersyukur, Kapal Kemanusiaan Emban Misi Bantuan di Kalbar

Di Kalimantan Barat, pelayanan kesehatan dan lainnya akan difokuskan di bantaran sungai dan lorong-lorong pedalaman. Setidaknya, AMFC menargetkan delapan kapal kemanusiaan di seluruh Indonesia.

"Enam kapal sudah jadi, tinggal dua lagi dalam proses. Dari enam kapal itu, empat sudah didistribusikan dan langsung menunaikan tugas melakukan kunjungan ke sejumlah titik yang selama ini telah disurvey oleh tim," terangnya.

Baca: Kapal Kemanusiaan AMCF Bantu Program Pemerintah hingga di Pelosok Kalbar

Syeikh Dr Mohammad Thoyyib Khoory mengatakan perlu kolaborasi bersama seluruh stakeholders dalam menyukseskan program pelayanan kemanusiaan yang dibutuhkan masyarakat.

"Program ini tidak bisa sukses sendiri, namun perlu kerjasama dengan berbagai pihak khususnya Pemerintah Daerah Kalbar dan lembaga sosial lainnya. Kami berharap semua pemangku kepentingan bisa bekerjasama dengan kapal kemanusiaan yang sudah beroperasi di Kalbar ini," pintanya.

Beberapa program yang telah dilakukan oleh AMCF di beberapa wilayah Indonesia diantaranya sunat massal, pemberantasan katarak dengan target penyelesaian 7.200 orang, pembangunan jembatan putus di pedalaman, bantuan solar power ke daerah tidak terjangkau listrik, pembangunan saluran air bersih dan tangki air, pembangunan/renovasi rumah dan beberapa kegiatan sosial lainnya di wilayah terdepan, terluar dan tertinggal (3T).

"Termasuk pendidikan agama yang diberikan melalui dai-dai. Lalu, perpustakaan keliling untuk menyentuh masyarakat terutama generasi muda yang jauh dari jangkauan," tukasnya.

Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Didit Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help