TribunPontianak/

Pilkada Serentak

Panwaslu Mempawah Launching Sentra Gakkumdu, Ini Fungsinya

Ini merupakan wadah bersama tiga unsur yang tugasnya menangani pelanggaran tindak pidana pemilu

Panwaslu Mempawah Launching Sentra Gakkumdu, Ini Fungsinya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / HAMDAN DARSANI
Ketua Panwaslu Kabupaten Mempawah Akhmad Amiruddin, bersama dengan Kapolres Mempawah AKPB Didik Dwi Santoso dan Kajari Mempawah Dwi Agus Arfianto Melounchingkan Sentra Gakummdu, Jumat (12/1/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hamdan.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Panwaslu Kabupaten Mempawah Launchingkan Sentra Gakkumdu Kabupaten mempawah. Lounching dilakukan di kantor Panwaslu Kabupaten Mempawah, Jumat (12/1/2018)

Ketua Panwaslu Kabupaten Mempawah Akhmad Amiruddin mengatakan sentra Gakkumdu ini menjadi posko bagi masyarakat sebagai tempat melaporkan adanya dugaan pelanggaran pemilu.

"Ini merupakan wadah bersama tiga unsur yang tugasnya menangani pelanggaran tindak pidana pemilu," ujarnya.

Ia menjelaskan tugas khusus Gakkumdu melakukan proses penerimaan laporan dan temuan, serta penindakan pelanggaran terkait pidana pada Pilkada.

(Baca: Ketua DPD Gerindra Kalbar Bantah Tudingan Kubu La Nyalla di Pilgub Jatim )

Beberapa contoh pelanggaran di antaranya misalnya masyarakat mencoblos sampai dua kali dan pemilih yang tidak memenuhi syarat tetapi menggunakan suaranya. 

"Ketika itu terjadi, maka kita masukkan dalam pidana pelanggaran Pemilu,” ujarnya.

Ia menjelaskan pasca dilounchingkan, masyarakat tahu bagaimana mekanisme proses pelaporan, maupun tindakan boleh dan tidak boleh dilakukan peserta pemilu. 

"Saya berharap melalui launching ini, masyarakat, parpol, tokoh agama dan masyarakat yang berkepentingan tahu cara dalam mekanisme melaporkan," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help