Banjir di Paloh

Hujan Deras di Paloh, Camat Sebut Puskesmas Hingga Rumah Warga Tergenang

Ia memerintahkan jika memang kondisi air yang tergenang diperkirakan cukup lama surut, maka harus segera diambil langkah cepat.

Hujan Deras di Paloh, Camat Sebut Puskesmas Hingga Rumah Warga Tergenang
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Personel Polsek Paloh saat mengevakuasi warga Desa Nibung, Kecamatan Paloh, Kamis (11/1/2018) malam. Hujan deras yang turun pada siang hingga malam, sebabkan air sungai meluap hingga mengakibatkan air menggenangi jalan dan permukiman warga. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Tito Ramadhani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS -Hujan deras yang turun pada Kamis (11/1/2018) siang hingga malam, menyebabkan air sungai meluap hingga mengakibatkan menggenangi jalan dan permukiman warga di Desa Nibung, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas pada Kamis (11/1/2018) malam.

Camat Paloh, Suhaimi mengungkapkan, luapan air terjadi saat pasang air laut di sungai yang berada di Desa Nibung, Kecamatan Paloh, ditambah tingginya curah hujan yang turun pada Kamis (11/1/2018) malam.

Baca: Hujan Deras Hingga Sebabkan Banjir di Wilayah Kalbar, Ini Kata BMKG

"Jadi itu bukan banjir, tetapi itu luapan air. Karena bertepatan sungai di Desa Nibung mengalami pasang air laut ditambah hujan yang turun kemarin berjam-jam sampai malam. Air itu naiknya mulai sore, ada laporan dari staf saya yang tinggal tidak jauh dari desa tersebut melaporkan. Saya juga memantau terus melalui WA (Whatsapp). Jadi karena curah hujan tinggi sehingga airnya tertahan, tapi sejak pagi tadi sudah surut. Saya dapat laporan tadi pagi keadaan air di sana sudah selesai, sudah turun," ungkapnya Jumat (12/1/2018).

Baca: BREAKING NEWS - Beredar Video Banjir di Paloh Kabupaten Sambas, Polisi Evakuasi Warga

Suhaimi mengakui, akibat luapan air tersebut, menyebabkan beberapa rumah warga dan fasilitas kesehatan di desa tersebut sempat terendam air beberapa jam, dengan ketinggian air mencapai lutut orang dewasa.

"Beberapa rumah warga dan Puskesmas Paloh sempat terendam air beberapa jam. Warga sempat diungsikan sementara, kami dibantu oleh aparat kepolisian Polsek Paloh,"ujarnya.

Lanjutnya kondisi saat ini sudah kembali normal.   "Jadi memang tadi malam saya dapat laporan, air sempat tergenang sampai halaman Puskesmas Paloh, tapi itu kondisi tadi malam, sekarang airnya sudah turun dan kembali normal seperti biasa lagi. Saat ini warga sudah kembali pulang ke rumah mereka masing-masing, karena hanya sementara saja, beberapa jam saja cepat surutnya," jelasnya.

Suhaimi menegaskan, kepada stafnya yang menyampaikan laporan.

Halaman
12
Penulis: Tito Ramadhani
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help