TribunPontianak/

Komisi A DPRD Sambas Apresiasi Hadirnya Layanan Kepolisian 110

Dengan hadirnya layanan 110 ini, sehingga setiap orang di beri kemudahan dalam melaporkan kejadian yang bersifat darurat.

Komisi A DPRD Sambas Apresiasi Hadirnya Layanan Kepolisian 110
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/TITO RAMADHANI
Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Sambas, Lerry Kurniawan Figo 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Tito Ramadhani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Sambas, Lerry Kurniawan Figo mengapresiasi hadirnya layanan bantuan kepolisian 110 di wilayah Kabupaten Sambas, yang telah dioperasikan Polres Sambas.

"Kami sangat mengapresiasi adanya layanan Call Center kepolisian 110 ini. Tentu ini sebuah langkah maju dalam memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat," ungkap pria yang akrab disapa Figo ini, Kamis (7/12/2017).

Lanjut Figo, dengan hadirnya layanan 110 ini, sehingga setiap orang di beri kemudahan dalam melaporkan kejadian yang bersifat darurat.

"Yang berhubungan dalam melindungi dan menjamin ketertiban dan keamanan. Ini juga akan mempermudah kepolisian dalam menangani kejadian dengan cepat dan tanggap," Jelasnya.

(Baca: Gerakan Sahabat NH di Sambas Desak Densus 88 Bebaskan NH )

Hal ini menurutnya sangat bermanfaat bagi warga masyarakat. Lantaran banyaknya kasus kriminalitas dan kecelakaan yang sifatnya insidentil.

"Tanpa di duga dan bisa terjadi dimana saja, jadi laporan via telepon menurut saya sangat efektif karena selama ini setiap orang pasti mempunyai Handphone. Selain itu, hadirnya layanan ini juga menghindarkan adanya tindakan main hakim sendiri, yang biasa di lakukan masyarakat, jika ada kejadian kriminal sebelum aparat datang ke TKP," terangnya.

Menurut Figo, layanan kepolisian 110 ini juga sebagai wujud reformasi dan keseriusan kepolisian dalam menekan tingkat kriminalitas.

"Harapan kami, semoga program ini dapat di lakukan secara berkelanjutan. Jangan angin-anginan, nanti setelah lama lalu itu redup kembali, jangan sampai seperti itu. Kami juga minta program lama yang diaktifkan kembali ini, benar-benar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dalam melaporkan setiap apa saja yg merugikan kepentingan publik," ujarnya.

Figo meminta kepada warga masyarakat untuk tidak takut menyampaikan segala informasi, yang terkait keamanan dan ketertiban di lingkungan sekitarnya masing-masing.

"Jangan takut, karena laporan warga dijamin kerahasiannya, dan kepolisian tahu apa yang seharusnya mereka lakukan. Jadi kita serahkan sepenuhnya masalah ketertiban dam keamanan kepada aparat," tegasnya.

Tak hanya itu saja, Figo berharap pihak kepolisian juga harus cepat tanggap dalam menindaklanjuti laporan dan pengaduan masyarakat.

Karena menurutnya, dalam menekan tingginya angka kriminalitas, harus ada kemitraan yang baik.

"Karena kepolisian juga tidak akan bekerja optimal dan maksimal, tanpa ada kerjasama dengan masyarakat. Dan karena mereka memang diamanatkan sebagai abdi masayrakat. Jadi intinya, saya selaku Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Sambas, yang merupakan mitra vertikal kepolisian dalam menangani masalah kamtibmas, siap mendukung dan siap mensosialisasikan layanan 110 ini kepada masyarakat," sambungnya.

Penulis: Tito Ramadhani
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help